Pangkalpinang, 3/4 (Benhil) - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tuan rumah Kemah Nasional Konselor Sebaya 2018, sehingga dapat menjadi motivasi pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas generasi muda di daerah itu.

"Dengan menjadi tuan rumah kegiatan temu remaja se-Indonesia ini dapat menyemangati pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas remaja," kata Sekretaris Daerah Babel, Yan Megawandi saat memimpin rapat persiapan Kemah Nasional Konselor Sebaya 2018 di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan kemah nasional konselor sebaya diikuti 102 peserta dari 34 provinsi se-Indonesia dimulai pada 7-12 Mei 2018 di bumi perkemahan hutan pelawan Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah. Masing-masing provinsi mengirim tiga remaja untuk menjadi peserta.

"Kita harus membuat para remaja merasa senang. Ini juga kesempatan bagi kita menguatkan kualitas remaja kedepannya," ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Susanti mengatakan 27 persen dari 1,4 juta jumlah penduduk daerah ini adalah remaja. Kegiatan memberi kesempatan untuk Babel mengembangkan kreatifitas dan ketrampilan para remaja, sekaligus meningkatkan kualitas remaja di daerah.

"Ini menjadi momentum untuk kita bertukar pengalaman antar pendidik dan konselor sebaya yang ada diseluruh Indonesia. Orang-orang hebat ini yang akan mendidik remaja kita menjadi motivator sekaligus konselor bagi adik-adiknya," ujarnya.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan dalam tema nasional konselor sebaya 2018 yakni, pentas seni, bina suasana, natak Babel dan edukasi untuk para remaja agar menghindari tiga hal, pernikahan dini, narkoba dan seks bebas.

"Kegiatan kemah nasional ini akan dibuka oleh Menko PMK, Puan Maharani. Kita juga menghadiri nara sumber hebat dari Ikatan Konselor Indonesia, BKKBN dan pihak terkait agar dapat memotivasi remaja kita untuk berkata tidak pada tiga hal. Tidak melakukan pernikahan dini, seks bebas dan tidak menggunakan narkoba," ujarnya. Budi Suyanto


All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.