Tidak bisa di pungkiri saat ini Gadget merupakan barang yang paling sering di gunakan setiap harinya, pada setiap aktivitas tidak pernah terlepas dari smartphone yang dimiliki. Namun tidak semua pengguna mengerti cara merawat ponsel nya tersebut agar awet atau tahan lama, berikut ini beberapa kebiasaan yang sering di lakukan yang menjadi penyebab smartphone gampang rusak.

8 Kebiasaan Yang Bisa Membuat Smartphone Cepat Rusak

Beberapa Kebiasaan Yang Bisa Merusak Smartphone 


Kebiasaan yang tidak di sadari ternyata menjadi penyebab cepat rusaknya gadget yang dimiliki, jika Anda belum tau saat ini harus di merubah untuk menjaga smartphone kesayangan Anda tetap awet.
Mendaftarkan lebih dari 1 kali sidik jari di smartphone Anda

Untuk beberapa smartphone yang sudah di bekali dengan sensor fingerprint, memungkinkan kita untuk menyimpan lebih dari 1 x sidik jari pada setiap smartphone Nya. Hal ini  akan membuat ponsel berat karena menyimpan file sidik jari yang banyak dan mengurangi sensitivitas pada smartphone tersebut.

Menunggu Mengisi baterai ketika 0%

Kebiasaan lainnya adalah seringnya pemilik smartphone, yang ketika mengisi smartphone Nya pada posisi baterai 0% sampai ponsel mati, hal ini jika di lakukan berulang atau sering akan membuat baterai aus karena penggunaan dayanya yang berat.

Mengisi baterai semalaman

Ha ini pasti sering di lakukan hampir semua pengguna, alih-alih ingin smartphone terisi baterai ketika pagi hari, maka kebanyakan mengecas ponsel pintarnya saat mau tidur. Sebainya hilangkan kebiasaan buruk seperti ini meskipun sebagian smartphone sudah di lengkapi teknologi canggih yang ketika baterai mencapai 90-100% akan mematikan daya cas nya.

Charge smartphone menggunakan adapter palsu / bukan bawaan

Hal ini ada baiknya tidak Anda lakukan terlalu sering terhadap smartphone anda, karena akan mempengaruhi kualitas baterai nya, menggunakan charge yang tidak sesuai bawaan ketika beli baru akan membuat kerusakan secara perlahan.

Mengecas smartphone yang dipasang case 

Banyak smartphone yang menggunakan hard case, atau bumper untuk melindungi bodi agar tidak lecet, padahal hal ini membuat panas pada ponsel pintar Anda tidak bisa keluar denga baik karena terhalang bagian belakangnya.

Ditambah jika sering charge terlalu lama dan bahkan semalaman, hal ini akan membuat baterai smartphone cepat rusak / tidak tahan lama.

Charge di Laptop

Kebiasaan  selanjutnya biasanya anda yang sering beraktivitas sambil mengecas nya di laptop dengan kabel USB, hal ini akan membuat baterai cepat rusak karena perbedaan daya volt antara smartphone dan laptop. Jika di lakukan secara terus-menerus dapat merusak baterai ponsel pintar Anda dan sering panas karena perbedaan daya saat pengisian daya pada baterai berlangsung. Artikel bertajuk Cara Merawat Laptop dengan Baik dan Benar ini juga memaparkan tentang itu. Hindari melakukan charging dari komputer notebook.

Sering melepaskan baterai 

Hal ini biasanya sering di lakukan para pengguna smartphone yang mempunyai sim card lebih dari satu, sehingga memungkinkan untuk sering membuka baterai / melepaskan  dari smartphone nya.

Menggunakan smartphone sambil di charge

Pasti Anda pernah melakukan hal ini, tidak menutup kemungkinan aktivitas yang berat pada ponsel akan membuat baterai cepat habis, dan hal ini juga yang membuat Anda malas menunggu sampai daya baterai ponsel sampai penuh, dan akhirnya anda lakukan aktivitas ponsel sambil di charge.

Dari beberapa kebiasaan diatas mana yang paling sering adan lakukan? Hindari kebiasaan diatas agar menghindari baterai cepat rusak seperti drop, melendung atau bahkan meledak karena daya baterai tidak mampu menahan daya simpan data overheat yang sering terjadi pada smartphone canggih pada umumnya. Kiat yang mirip dengan cara merawat laptop agar awet, bisa diterapkan pada berbagai ragam gawai (gadget).

Kesimpulan : Jangan pergunakan smartphone melebihi bagaimana pada mestinya untuk menjaga keawetan baterai dan menjaga performa smartphone yang Anda miliki 
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.