Mobil listrik diramalkan akan menjadi tonggak penjualan di pasar otomotif di masa datang, karena diharapkan mampu mengurangi penggunaan sumber energi tak terbarukan yang semakin menipis. Sekarang ini pabrikan-pabrikan mobil mulai berlomba menciptakan mobil listrik terbaik. Tercatat perusahaan seperti Ford, Tesla, Toyota, Nissan, Renault dan nama lainnya sudah mulai memperkenalkan produk mobil listrik mereka.

5 Versi Mobil Listrik Terbaik Dunia

Daftar Mobil Listrik Terbaik


Chevrolet Volt

Mobil keluaran pabrikan dari Amerika Serikat ini memang sudah dirilis sejak 2010 lalu, namu kecanggihannya dan spesifikasinya tidak kalah dengan mobil saingan di kelasnya bahkan yang terbaru. Selain tampilan luarnya yang elegan dan tangguh, mobil ini juga dibekali mesin yang tidak kalah kokoh. Sebuah motor listrik dengan daya baterai lithium ion berdaya 24 kwh dibenakan guna memacu mobil agar dapat melaju hingga 117 km.

Mobil ini menerapkan teknologi hybrid, yaitu masih menempatkan mesin bensin guna mendukung mesin baterai jika dibutuhkan dalam menempuh perjalanan yang lebih jauh. Mobil listrik terbaik dari Negeri Paman Sam ini dibanderol dengan 33.395 pounds atau berkisar antara Rp 660 jutaan.

Tesla Roadster

Satu lagi mobil dari pabrikan yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Tesla Roadster. Tercatat sejak diciptakan pada tahun 2008 hingga 2011 akhir, Tesla telah sukses menjual mobil ini 2000. Sebuah angka yang cukup fantastis. Mobil yang mengusung desain futuristik dan human friendly ini memang layak dimasukkan ke dalam daftar mobil terbaik karena fitur-fitur yang disematkan ke dalamnya.

Baterai jenis Li-Ion yang dapat menghasilkan tenaga hingga 53 kWh ini dapat dioperasikan hingga 393 Km. Keempat penggerak roda yang disematkan pada kaki-kakinya juga dapat melaju dengan kencang karena distribusi tenaga yang merata. Tak ayal, mobil canggih ini dihargai cukup mahal 1.1 Miliar Rupiah.

Fisker Karma

Mobil besutan pabrikan Finlandia, Fisker Automotive dan Valmet Automotive ini memang mungkin belum cukup familiar. Namun kecanggihannya sudah mampu membuatnya sejajar dengan mobil dari pabrikan ternama. Dengan mengusung tema sporty dan futuristik, mobil inni digadang-gadang mampu menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Mobil ini menggunakan teknologi hybrid plug-in pada jantung pacunya. Mesin tersebut adalah mesin dengan baterai Lithium Ion berdaya 20.1 kWh yang mampu digeber sejauh  51 Km serta sebuah mesin bensin. Fisker Karma dipatok dengan harga  80.000 Pounds atau  Rp 1.5 Miliar.

Ford Focus Electric

Mobil yang diproduksi sejak 2011 ini sudah tidak lagi dapat dijumpai di pasaran tanah air terhitung sejak 2016 silam. Walaupun begitu, mobil keluaran pabrikan Amerika Serikat tersebut tetap adalah salah satu mobil terbaik, apalagi mobil ini pernah menyandang gelar  “Green Vision Car Award”. Pada dapur pacunya, mobil ini dipersenjatai dengan baterai Li-Ion berdaya 23 kWh yang mampu dipacu hingga 122 Km.

Nissan Leaf

Mobil dengan konsep city car dari pabrikan otomotif asal Jepang ini telah dinobatkan sebagai  “Green Car Vision” pada tahun 2010 silam. Selain itu mobil ini juga meraih penghargaan European Car of The Year pada tahun 2011. Disusul pula dengan penghargaan Car of The Year pada periode 2011-2012 dan puncaknya menyabet predikat World Car of The Year di tahun yang sama, yaitu 2011.

Dengan sederet penghargaan tersebut maka tak dipungkiri lagi tentunya mengenai kecanggihan dan spesifikasi mobil ini. Baterai Li-Ion berdaya 80 kWh yang mampu digunakan untuk menempuh jarak hingga 117 Km ditanamkan pada dapur pacu mobil ini. Ditawarkan dengan Rp 625 jutaan, mobil ini cukup murah untuk ukuran mobil terbaik di dunia.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.