Perawatan mesin otomotif tidak terlepas dari oli atau pelumas, hal ini juga berlaku untuk semua jenis motor baik motor bebek maupun matic. Pelumas untuk setiap jenis kendaraan pun berbeda, bergantung pada spesifikasi yang digunakan. Pemilihan oli yang tepat akan membuat motor lebih awet, dan apabila salah dalam memilih oli akan sangat mengganggu performa dari motor tersebut.

4 Kriteria Oli Yang Cocok Untuk Motor Matic


Berbicara tentang oli motor matic, bagi yang sudah menggeluti mungkin akan paham dan memiliki cara pandang berbeda dalam penggunaan oli yang paling untuk mesin mereka. Melihat dari fungsi oli adalah sebagai pelumas gesekan diantara komponen dalam mesin, sehingga gerakan tersebut akan lebih halus dan mesin memiliki suhu yang ideal. Untuk memiliki oli yang terbaik maka kita perlu mengetahui kriteria dari oli yang bagus digunakan untuk motor matic.

Tips Mendapatkan Oli Terbaik Untuk Motor Matic

Memilih pelumas motor matic tidak sesulit yang beberapa orang pikirkan. Karena jika kita memiliki pengetahuan tentang jenis dan spesifikasi pelumas untuk motor kesayangan maka kita perlu memperhatikan beberapa poin yang akan diulas di bawah ini sebagai panduan untuk memperoleh pelumas terbaik.

Pastikan Kekentalan Oli Untuk Motor

Oli untuk motor matic hendaknya memiliki kekentalan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kita. Karena kekentalan oli yang paling cocok untuk skuter, dan kualitas oli yang terbiak serta oli memiliki aditif akan sangat bermanfaat untuk mengurangi adanya gesekan pada mesin dan mesin bergerak lebih efektif.

Pastikan Bahwa Oli Yang Dipakai Adalah Oli Bersertifikat

Pilih pelumas yang memiliki lisensi, biasanya oli yang bagus mengantongi sertifikat dari American Petronleum Institute atau API. Terdapat dua sertifikat yang telah direkomendasikan untuk pelumas, yaitu sertifikat API dan JASO. Tugas dari api adalah mengecek kualitas dari oli yang digunakan pada negara Eropa dan Amerika, sedangkan JASO (Japanese Automotibe Standard Assosiation) yang bertugas sebagai instansi Jepang untuk mengecek dan menguji kualitas oli yang digunakan.
Memperhatikan

Sertifikat JASO, MB, MA, NA, MA2

Sertifikat JASO dan MA menandakan bahwa oli tersebut cocok untuk motor yang berkopling basah atau terendam oli, kode pada belakang Jaso menunjukkan kualitas dari oli, dan sertifikat tertinggi adalah JASO MA2, jika kode pada MA tinggi berarti kualitas dari oli juga tinggi.

Untuk JASO MB ini adalah jenis oli yang spesial untuk skutik karena memiliki transmisi lantara tipe mesin yang tidak sama. Motor matic biasanya memiliki mekanisme kopling kering atau mau bercampur pada dengan dalam dari mesin, atau bisa dikatakan oli akan terpisah.

Oli yang tepat untuk motor matic bukaan berasal dari standar JASO MA maupun JADO MB, dan sangat dianjurkan  agar kita tidak memilih jenis tersebut. Jika tetap memilih maka akan menyebabkan kampas kopling motor yang telah dilumasi dengan oli akan cepat aus, begitu juga motor lain yang menggunakan jenis CVT.

Ketahui Merek Oli Yang Terbaik

Memilih oli dengan merek yang terbaik memang akan selaku diperhatikan oleh beberapa orang. Namun pada saat in terdapat banyak oli yang beredar di pasaran dengan merek terbaik namun jauh dari kata standar. Pagi para pengguna yang tidak teliti maka akan mendapatkan oli tiruan tersebut dan akhirnya akan berimbas pada kerusakan motor matic kesayangan.

Pada dasarnya merek bukanlah permasalahan utama bagi para pengguna asalkan oli yang digunakan sesuai  dengan standar yang telah ditetapkan dan juga memiliki kekentalan yang dibutuhkan. Sedangkan ukuran kekentalan yang tepat untuk oli jenis motor matic adalah dengan ukuran sepuluh sampai dengan 30.

Beberapa merek oli yang direkomendasikan untuk motor matic diantaranya adalah top 1. Oli ini merupakan oli yang paling banyak diburu, dan terdapat tiga macam tipe yang akan melengkapi kebutuhan motor matic kita, kedua adalah federal flick, oli ini memiliki kekentalan SAE yaitu berkisar dari 10 sampai 30wm pelumas ini juga sering digunakan oleh 

Oli bermerek selanjutnya adalah Yamalube yang memiliki kekentalan SAE juga yaitu pada kisaran 20 sampai 40w, oli ini sangat cocok untuk motor jenis YAMAHA. Selanjutnya untuk motor Honda oli yang tepat adalah AHM OIL karena memiliki kekentalan 10 sampai 30w.
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.