Tagarnews, surat kabar online Indonesia pertama yang membacakan berita untuk siapa saja. Berita tidak hanya disajikan tertulis, tetapi juga lisan.


“Kamu sibuk?” kata seorang teman dalam status Facebook-nya ketika saya baru saja masuk ke dunia maya.

“Tagarnews, surat kabar online Indonesia pertama yang membacakan berita untuk kamu!” sambung teman itu di ujung kalimat statusnya.

Kabar terkini itu berhasil memprovokasi saya. Penasaran atas promonya, saya ambil hape di saku. Saya buka Android. Benar saja, dalam setiap tayangan Tagarnews, berita dibacakan.

Cara memperoleh berita dibacakan tersebut sangat mudah, semudah menganggukkan kepala. Tinggal pilih berita, sudah tersedia aplikasi “bacakan berita”. Tinggal klik “bacakan berita”, berita yang dipilih langsung dibacakan secara lengkap.

Saya kagum, si pembaca situs berita Tagarnews bukan kelas kacangan. Suaranya enak didengar, vokalnya bagus dan jelas. Dia tidak pernah salah baca.

Terima kasih teman, kata saya kepada kawan tadi. Saya pantas berterimakasih. Sejak terprovokasi oleh dia, saya dapat melakukan aktivitas sambil mendengarkan berita pilihan saya melalui Tagarnews. Saya tambah senang karena Tagarnews dapat merepresentasikan kebutuhan saya terkait berita atau informasi yang saya ikuti.

Saya tidak sangka, usia Tagarnews yang masih belia langsung menina-bobokan orang sibuk macam saya. Tidak seperti radio atau televisi, kapan pun melalui Tagarnews saya boleh memilih berita apa saja yang saya kehendaki untuk dibacakan, apakah saat saya sedang mengendarai mobil, meeting, atau sedang berada di toilet. Bahkan, Tagarnews menjadi teman setia saya sebagai pengantar tidur.

Apakah saya sekarang memprovokasi Anda? Ah, katakan saja begitu. Saya jamin Anda tidak akan pernah rugi saya provokasi begini. Pasti keuntungan yang Anda petik, terutama buat saudara-saudara yang termasuk manusia super sibuk. Pasalnya, sesibuk apa pun Anda, Anda masih dapat mengikuti berita yang mau Anda ikuti. Anda cukup pasang telinga.

Surat kabar online Tagarnews membacakan berita di bilik-bilik pribadi Anda adalah sebuah revolusi. Apa yang dilakukan Tagarnews menyatu dengan Teori Alvin Toffler (1928-1996), “Siapa yang menguasai informasi akan menguasai dunia.” Berita itu ada di tangan Anda, di saku Anda. Tagarnews menghidangkannya untuk Anda.

Ada lagi yang saya suka dari Tagarnews. Adonan permainan warna merah biru ditingkahi hitam yang mendominasi laman Tagarnews tidak bikin sakit mata, lembut dan nyaman untuk dilihat. Satu lagi kelebihan Tagarnews, selain menyediakan berita-berita internasional, nasional, dan lokal yang diakomodir melalui sejumlah rubrik, di sana ada kanal Cerita dan Infrastruktur yang memiliki keunikan tersendiri.

Kedua kanal tersebut mengangkat peristiwa tertentu dengan pendekatan spesifik. Kanal Cerita disajikan dengan gaya bertutur, narasinya kuat dan enak dibaca. Sementara kanal Infrastruktur membidik tema-tema infrastruktur, infrastruktur lunak maupun keras, sebagai bagian dari proses pembangunan yang sejak tiga tahun belakangan digalakkan oleh pemerintah.

Surat kabar online tagarnews bukan hanya menjalankan fungsi pers sebagai media informasi, pendidikan, dan hiburan, namun juga melakukan fungsi kontrol sosial secara proporsional. Keempat fungsi pers ini diramu melalui rubrik Daerah, Nasional, Internasional, Bisnis, Hukum, Olahraga, Tokoh, dan lainnya.

Saya berharap, tagarnews sebagai ‘tenaga pendidik’ masyarakat dapat mempertahankan dan terus meningkatkan segala kelebihannya untuk ikut membangun masyarakat Indonesia yang seringkali gamang politik. Jangan pernah melakukan hoax. Sekali saja hoax, saya percaya Tagarnews akan ditinggalkan followers.[o]

http://www.tagar.id/
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.