Hampir setiap orang kini sudah menggunakan teknologi yang akhir-akhir ini menjadi primadona oleh kebanyakan orang yaitu smartphone. Smartphone digunakan oleh manusia untuk menunjang segala aktivitas. Namun dalam keadaan tertentu smartphone bisa menjadi sangat lemot sehingga  sering kali membuat anda emosi.

5 Aplikasi Yang Bikin Smartphone Lemot


Salah satu penyebab melambatnya performa dari sebuah smartphone adalah ruang penyimpanan yang hampir penuh. Beberapa aplikasi bawaan dari ponsel yang anda beli atau aplikasi yang secara sengaja ada unduh dari Google Play Store bisa menyebabkan melambatnya kinerja smartphone.

Untuk itu, jika anda merasakan smartphone mulai menurun sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan atau tidak begitu diperlukan. Namun berikut ini ada 5 aplikasi yang ditengarai membuat smartphone menjadi lemot sehingga anda perlu menghapusnya.

Aplikasi Browser Bawaan Android

Aplikasi browser bawaan android pada kenyataannya bisa memakan kuota data internet yang cukup besar sehingga performanya tidak begitu baik dibandingkan dengan browser-browser lain.
Dibandingkan menggunakan browser bawaan akan jauh lebih baik menggunakan browser yang bisa anda unduh dari Google Play Store seperti Opera Mini yang telah dilengkapi fitur untuk meminimalisir penggunaan data internet saat anda hendak mengunjungi website tertentu. 

Selain itu, banyak aplikasi browser yang tersedia di Google Play Store dengan ukuran yang cukup kecil sehingga tidak memakan banyak ruang.

Jejaring Sosial Facebook 

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang sudah terinstall langsung di dalam smartphone yang baru saja anda beli. Facebook merupakan salah satu aplikasi yang memiliki pengguaan yang sangat banyak karena mampu menghubungkan seseorang dengan orang lain di seluruh penjuru dunia dimanapun dan kapanpun.

Namun dukungan fitur-fitur yang ada di facebook ataupun notifikasinya bisa menyebabkan kapasitas smatrphone anda menjadi cepat penuh sehingga performanya melambat.

Untuk itu sebaiknya hapus saja aplikasi facebook. Namun jika anda sering menggunakannya, tidak perlu khawatir kerena masih bisa menggunakan browser untuk membuka facebook dengan biaya yang jauh lebih murah.

Aplikasi Widget Atau Cuaca

Dengan adanyan aplikasi untuk memprediksi cuaca setiap harinya memang sangat membantu. Namun adanya update perkiraan cuaca justru membuat baterai cepat habis, terlebih lagi jika anda memasang widget di layar smartphone. Untuk membuat baterai smartphone tidak cepat habis maka hapus saja aplikasi ini.

Jika anda masih membutuhkannya, bisa menggunakan fitur Google Now untuk mengetahui perkiraan cuaca setiap waktunya.

Aplikasi Anti Virus

Banyaknya antivirus yang bisa diunduh secara gratis oleh para pengguna smatrphone, jarang orang yang mengetahui bahwa aplikasi ini bisa membuat smartphone kesayangan anda menjadi melambat karena kehabisan daya. Memang perangkat android rentan sekali untuk terserang virus namun sebaiknya anda jeli dalam memilih aplikasi untuk melindungi smartphone anda.

Pilihlah apliksi antivirus yang sesuai dengan kapasitas penyimpanan smartphone anda serta tetap bisa melindungi dengan aman karena sekarang banyak sekali aplikasi-aplikasi antivirus yang mengklaim bisa melindungi sistem operasi dari serangan virus.

Aplikasi Pembersih Cache

Clean Master atau aplikasi sejenis ini sebenarnya masih meninggalkan ’’sampah’’ yang bisa membuat daya baterai cepat habis dan memakan memory penyimpanan yang cukup besar. 

Tujuan utama dari penggunaan aplikasi pembersih cache seperti Clean Master adalah untuk meningkatkan performa smartphone yang mulai melambat, namun karena apliksi ini memakan cukup banyak ruang sebaiknya hapus saja gunakan pembersih cache yang ada di menu setting.

Jadi sebagai pengguna smartphone, sebaiknya anda harus bijak saat hendak mengunduh aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play Store. Gunakan saja aplikasi-aplikasi yang diperlukan sehingga tidak memakan cukup banyak ruang.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.