Jika mengikuti perkembangan Gadget maka tidak akan ada habisnya, terutama dalam smartphone. Spesifikasi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dari ponsel yang hanya menggunakan RAM 1 Gb sampai akhir tahun 2016 lalu smartphone sudah mencapai RAM sebesar 6 GB. Berapakah layaknya kemajuan pada tahun 2017?



Jika anda yang mengikuti perkembangan smartphone, ada beberapa faktor yang membuat pemrosesan dalam sebuah smartphone menjadi lancar atau sebaliknya. Mulai prosesor, penyimpanan internalnya atau RAM. Tiga komponen ini sangat berpengaruh pada kinerja smartphone yang anda miliki.

Besar kecilnya RAM, seberapa pengaruhnya dalam sebuah smartphone?

Untuk mengerti seberapa guna RAM dalam sebuah smartphone, ada baiknya anda harus tau fungsi dari RAM itu sendiri. Ada yang mengatakan bahwa RAM berada di antara memori penyimpanan internel dan prosesor. Lalu peran RAM apa dalam sebuah kinerja diantara keduanya?

Coba kita pakai analogi sederhana untuk memahaminya, ibarat dalam sebuah penerbangan. RAM berperan sebagai bandara dan file-file di gambarkan penumpang lalu prosesor adalah pesawatnya. Apakah efektif jika pesawat ( prosesor ) tanpa bandara harus menjemput penumpang ( file ) untuk di antar ke alamat tujuan masing-masing?

Tentu tidak kan? Nah ibarat dalam sebuah pemrosesan RAM berperan sebagai penampungan sementara, yang akan menampung file yang bekerja dari prosesor sehingga  bekerja lebih ringan. Nah, jika RAM lebih besar maka sangat membantu kineja prosesor bukan? 

Seberapa pentingkah peran RAM dalam sebuah smartphone?

Memang RAM bukan satu-satunya sebab pemrosesan atau loading dalam sebuah smartphone cepat atau lambat, namun peran di dalamnya RAM sangatlah besar. Space yang terdapat dalam RAM ketika gadget itu aktif maka sebagian akan di gunakan untuk OS Android, jika RAM yang tersedia besar maka ketika multitasking tidak masalah tidak akan menggangu kinerjanya.

Namun jika RAM dengan kapasitas pas-pasan, ketika melakukan multitasking, loading terasa berat, dikarenakan RAM sudah habis di pakai untuk kinerja pada OS android sebelumnya di tambah beberapa aplikasi yang terpakai secara bersamaan.

Contoh berikutnya, ketika anda membuka aplikasi secara bersamaan pada awal jika RAM berkapasitas sedang maka kinerja akan berat, namun ketika berjalan berikutnya akan lebih ringan, mengapa? Karena file atau aplikasi yang anda buka sudah berpindah ke RAM, jadi kinerja tidak sepenuhnya di bebankan di memori penyimpanan internal saja.

Lalu bagaimana smartphone pada tahun 2017 kali ini

Prediksi dari beberapa pakar menyatakan bahwa, smartphone pada tahun 2017 ini akan menggunakan prosesor Snapdragon 835, jika tahun sebelumnya hanya menggunakan Snapdragon 820 itu hanya bisa menampung kapasitas RAM maksimal 6 Gb saja.

Namun jika menggunakan Chipset Snapdragon 835, smartphone tersebut mampu dibekali dengan RAM  hingga 8 Gb, sesuai penjelasan sebelumnya, jelas peforma smartphone dengan RAM besar lebih bagus dalam pemrosesannya.

Saran: untuk anda yang masih minim budget tapi tetap ingin mengikuti perkembangan gadget, segera gunakan smartphone dengan kapasitas RAM minimal 2 Gb, namun jika anda termasuk yang memiliki kantong lebih dalam di atas 2 juta an. Bisa menggunakan smartphone RAM 3 GB. 

Sesuaikan kemampuan daya beli anda masing-masing, semoga ulasan diatas bisa menjelaskan ke anda mengenai peran RAM dalam sebuah kinerja smartphone. Tidak menutup kemungkinan tahun 2017 ini bermunculan smartphone flagship yang layak kami reviews selanjutnya,. Semoga bermanfaat terima kasih atas perhatiannya.

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.