Seperti yang kita tau, sistem operasi yang ada dalam komputer kita terdiri dari software dan hardware. Dua komponen ini tidak akan berjalan dengan optimal jika anda tidak menselaraskannya dengan baik, maksudnya adalah dukungan antara keduanya harus sama-sama baik. Jika hardware sudah oke maka anda harus cari software yang bagus juga.

Perkembangan teknologi sudah sangat maju, hal ini sangat mudah untuk semua kalangan untuk mendapatkannya, namun untuk sebagian kita untuk mendapatkan software yang berbayar sedikit berat di ongkos benar gk? Kalo anda termausk dari kalangan yang demikian, solusinya adalah mencari software yang gratis.  Namun anda juga harus hati-hati tidak asal instal saja, karena nanti bisa merusak sistem operasi kompoter anda.


Perhatikan tips berikut dalam menginstal software gratis namun tetap aman


Lihat dari mana software itu di produksi

Produsen pasti sangat mempengaruhi apa yang di produksi, jika perusahaan yang ternama maka Insya allah hasilnya sesuai apa yang di keluarkan akan bagus, namun hati-hati jika software yang di produksi dari perusahaan kecil dan tergolong baru.

Hal yang perlu di khawatirkan ketika memilih dari developer yang tidak di kenal, tingkat keamanan software yang kita beli kurang menjamin, maka ada baiknya jika anda sebelum membeli bertanya pada teman atau orang yang lebih paham dalam bidangnya.

Pilih software yang sudah banyak di pakai orang lain sebelumnya

Mengapa kita pakai yang sudah di pakai kebanyakan orang sebelumnya karena dengan begitu kita sudah tau bahwa software tersebut terbukti apik dengan terbuktinya banyaknya orang yang sudah memakainya.

Atau paling tidak sudah banyak ulasan positif dari penggunanya sebelumnya, jadi kita tidak perlu mengorek atau mencari tau informasi sebelum membelinya, dengan begitu anda bisa menginstal dengan tenang tanpa ragu untuk memakainya.

Download aplikasi atau software dari website terpercaya

Besar sudah tentu terpercaya hal ini menjadikan anda lebih mudah dan nyaman dalam download aplikasi tersebut, karena kita ketahui bahwa banyak situs yang menjebak, entah dengan spam iklan atau kiriman virus yang malah menjadi penghambat kinerja sistem di komputer anda.

Tidak adanya virus di dalam software yang di download

Setelah melakukan step di atas, memilah situs tempat untuk downloadnya dan menginstalnya di komputer anda juga harus di seleksi, dalam proses ini biasanya masih ada kesempatan untuk penyisipan virus seperti spyware atau adware. Sesuai namanya kedua virus ini menyerang software dan hardware tanpa anda ketahui.

Oleh sebab itu proses instalasi juga perlu melakukan penscanan terlebih dahulu untuk antisipasi terhadap kedua virus tersebut, yang tak jarang masih banyak kecolongan karena melewatkan scan dalam instalansinya.

Lakukan instalasi dengan baik

Proses satu ini harus teliti anda sendiri dalam melakukannya, karena proses ini terkadang  setelah terbebas dari virus, namun ada sisipan aplikasi tertentu yang menyisipkan software ini dan itu yang tidak berguna yang akan memberatkan kinerja komputer dan menghabiskan memori komputer.

Saran dari saya, ada baiknya jika anda salah satu dari orang yang benar tidak tau menau masalah instalasi, maka serahkan saja ke jasa yang sudah di kerjakan pada ahlinya, hanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama dan biaya, namun ada garansi bahwa apa yang anda butuhkan terpenuhi dan bermanfaat untuk perangkat keras dan lunak anda.

Terima kasih atas perhatiannya semoga pembahasan yang singkat ini bisa membantu anda dalam memilih software atau aplikasi mana yang pas untuk di pasang di komputer atau laptop anda.

All rights reserved, Copyright © 2022 www.benhil.net. Powered by Blogger.