Tahun 2016 ini aksi hacker atau peretasan semakin marak terjadi. Targetnya pun tak pandang bulu. Bahkan sasarannya pun tidak tanggung-tanggung seperti perusahaan teknologi dan instansi pemerintah, berikut rangkuman 7 serangan hacker terbesar sepanjang tahun 2016.



Yahoo

Pada bulan September, yahoo mengejutkan dunia ketika mengungkapkan bahwa setidaknya 500 juta akun penggunanya di hack. Saat itu banyak yang menilai bahwa itu merupakan kasus hacking data terbesar dari perusahaan teknologi. Yang lebih mengejutkan kasus tersebut terjadi pada tahun 2014, tetap baru diungkap tahun ini. artinya peretas memiliki akses ke informasi pengguna selama bertahun-tahun. 

Itu bahkan baru pemanasan, pada pertengahan desember tahun lalu, yahoo kembali mengungkap bahwa 1 milliar akun penggunanya telah bocor dalam aksi hanckung yang berbeda yang terjad sekitar bulan agustus tahun 2013.

DNC Hack

Tahun ini, aksi hancking menyerang instansi pemerintah. Sebuah jaringan computer yang digunakan oleh tim kampanye Clinton dan komite penggalangan dana partai untuk AS diretas. Email yang diretas, dirilis oleh sekelompok aktivis wikileaks pada bulan juli, memunculkan penunjukan pilih kasih dalam komite nasional democrat untuk calon presiden Hillary Clinton dan mendorong pengunduran diri dari ketua komite tersebut.

Hacker rusia

Pada bulan September peneliti dari AS menyelidiki rusia terkasit dengan pemilu. Menjelang akhir tahun 2016, central intelligence agency dan badan-badan intelejen amerika lainnya menyimpulkan dengan keyakinan tinggi bahwa rusia diam-diam mencoba untuk mempengaruhi pemilu. Hacker rusia telah menyusup ke sistem computer dari kedua partai politik besar AS dan terlibat langsung dengan presiden rusia yakni vladmir putin.

Apple vs fbi

Cerita bermulai ketika fbi meminta bantuan kepada apple untuk membuka kunci iphone. Karena seperti yang kita ketahui ios terbaru memiliki fitur keamanan yang tergolong tinggi. Smartphone yang dimaksud adalah iphone 5 C yang dipakai oleh salah satu tersangka penembakan di san bernandino tahun 2015 lalu. 

Apple pun menjelaskan bahwa sejak dirilisnya sistem operasi mobile ios 8, iphone terbaru yang menjalankan ios 8 atau versi diatasnya diklaim apple anti jebol. FBI rupanya tidak suka dengan penolakan apple, yang terang-terangan mengatakan bahwa tidak ada cara untuk dapat membobol, meskipun pengadilan yang meminta melakukannya.

NSA di hack

Pada bulan agustus sekelomok hacker tanpa nama yang disebut shadow brokers mengatakan berhasil mendapatkan alat hacking dari group milik NASA. Tool hack ini mampu menginfeksi firmware perangkat dan tetap akan berada di sana. Setelah mengungkapkan sebagian dari harta karu mereka, shadw broker berusaha untuk menjual alat hacking lainnya yang mereka peroleh.

Swift hack

Hacker berhasil mencuri uang senilai Rp 1.06 triliun dari bank sentral Bangladesh melalui serangkaian transfer di rekening mereka. Peretas tersebut mencoba mencuri lagi uang tambahan senilai Rp 11.1 triliun, namun upaya kejahatan itu berhasil di gagalkan lantaran ada kecurigaan atas transaksi tersebut. 

Lembaga keuangan harus belajar untuk mengatasi kelemahan yang ada di saluran perbankan global. Hal itu menimbulkan pertanyaan serius atas integritas sistem transfer uang berbasis kode swift. Karenannya, pihak yang berewenang harus dapat menilai kembali proses vertifikasi transfer dana internasional.

Dyn ddos

Aksi hacking yang menggeparkan selanjutnya adalah serangan terhadap jaringan internet dengan server dyn yang merupakan serangan terbesar. Dyn adalah perusahaan yang menguasai sebagian besar infrastruktur sistem domain. Akibatnya berbaga situs besar seperti twitter, guardian, cnn, reddit, dan masih banyak lagi tumbang karena serangan DDos. Demikian ulasan  berikut ini, semoga bermanfaat.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.