Apartemen kini menjadi salah satu hunian pilihan di perkotaan. Hal itu karena keterbatasan lahan yang disediakan. Berikut ini kami sajikan informasi penting, untuk memperkenalkan salah satu apartemen di Jogja. Tips melakukan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA).

Uttara The Icon pun hadir di pusat Kota Yogyakarta dengan segala fasilitas yang mewah. Sudah banyak investor yang menanam modal pada pembangunan apartemen eksklusif di Yogyakarta itu. Tingginya kebutuhan tinggal di apartemen, maka perbankan pun menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) yang bisa digunakan untuk mencicil apartemen yang saat ini sedang dibangun, direncanakan rmpung akhir tahun 2016.

Ada beberapa hal yang penting saat ingin mengajukan KPA yaitu jumlah cicilan dan tenor. Harus berhati-hati dalam memperhitungkan kemampuan bayar karena jika salah, maka kredit  akan berantakan semua. Ada beberapa tips jitu jika ingin melakukan KPA di Uttara The Icon:

1.    Lakukan Perbandingan
Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencari informasi sebanyak-banyak serta melakukan perbandingan KPA. Carilah bank apa saja melayanani KPA di Uttara The Icon. Lihatlah syarat-syaratnya, jangka waktu yang ditawarkan, serta bunga yang dipakai. Perbandingan bank satu dengan yang lain memberik kesempatan Anda untuk memiliki kredit yang terbaik.

2.    Menyisipkan Uang Muka
Uang muka adalah syarat terpenting dari KPA. Semakin tinggi harga tanah semakin besar uang muka yang dibutuhkan dalam mengajukan KPA. Pada peraturan Bank Indonesia dari bulan September 2013, BI mulai memperketat regulasi rasio pinjaman pada aset atau loan to value. Artinya calon debitur harus menyisihkan uang sebesar 30% dari harga apartemen yang ingin beli dalam melakukan KPA.

3.    Memperbaiki Catatan Tabungan
Pihak bank biasanya akan melihat arus kas atau cash dari sejarah catatan tabungan yang ada di rekening tabungan. Melalui arus kas ini bisa memperlihat kondisi keungan serta akan dianalisa oleh pihak bank bahwa calon nasabah bisa membayar cicilan setiap bulannya karena pemasukan kas positif.

4.    Jauhilah Kredit Buruk
Ingatlah bahwa BI memiliki semua informasi debit sehingga sangat penting menjauhi kredit buruk. Individu yang telat membayar angsuran lebih dari dua bulan biasanya masuk dalam daftar black-list Bank Indonesia. Pastikan anda selalu membayar kredit tepat waktu agat tidak masuk dalam daftar black-list bank central. BI akan dengan mudah mendeteksi anda melalui BI checking yang dapat dilakukan secara online, real time.

Sedangkan menurut Panangian Simanungkalit, seorang ahli properti dalam bukunya memberikan tips KPA, yaitu:

1.    Hitunglah besar dana yang dibutuhkan dengan cara harga apartemen dikurangin uang muka, kemudian menghasilka pokok pinjaman yang dibutuhkan.
2.    Jika anda memiliki harta lain hitunglah besar tabungan dengan harta tersebut. Kemudian pisahkan likuiditas atau mudah tidaknya supaya dicarikan menjadi uang. Beberapa harta yang bersifat likuid yaitu perhiasan emas, berlian serta kendaraan. Harta seperti tanah dan rumah membutuhkan waktu yang lama untuk diuangkan.
3.    Lalu bandingkan aset yang dimiliki dengan harga apartemen yang dibeli, hal ini untuk melihat seberapa besar kolom aset yang dimiliki saat ini dan setelah membeli apartemen.
4.    Kemudian jumlahkan penghasilan dengan pasangan bagi yang telah menikah dengan sangat realistis. Lalu kumpulkan pendapatan kalian berdua mulai dari pendapatan utama sampai sampingan serta pendapatan lain yang sifatnya tetap dan rutin.
5.    Semua pengeluaran rutin yang bersifat bulanan, tahunan dan pengeluran insidental dikumpulkan dalam data rill.
6.    Buatlah rencana besar dalam kurun waktu 10-15 tahun sesuai dengan masa angsuran KPA.
7.    Bandingkan bank-bank yang memiliki fasilitas KPA, misalnya persyaratan KPA, suku bunga, biaya-biaya lain serta fasilitas apa saja yang diberikan oleh bank.
8.    Perlu dipertimbangkan dengan baik, kedekatan anda dengan bank tersebut, karena hal ini merupakan salah satu faktor yang memudahkan proses mengajukan KPA.
9.    Hitunglah suku bunga serta metode perhitungan bunga. Bunga yang bersifat fixed dihitung terhadap pokok utang saat akada kredit karena itu jenis bunga ini yang paling mahal.
10.    Perlunya memilih notaris dengan reputasi yang baik. Tidak ada salahnya jika ingin menggunakan notaris langganan yang telah dikenal karena pastinya, sudah tahu kredibilitas notaris tersebut.
11.    Pastikan dokumen-dokumen yang diperlukan lengkap.
12.    Jika suatu hari nanti tidak mampu membayar tagihan, pastikan anda menyiapkan antisipasi misalnya menjual apartemen secara langsung. Hindari lelang yang dapat dilakukan oleh perbankan, nilai properti tersebut dapat dihargai sangat rendah atau cara lain dpat dilakukan dengan over kredit.


http://www.rumahtinggal.net/

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.