Kecanggihan smartphone dipengaruhi karena kinerja prosesornya, dan kinerja kini di dukung dengan otak di dalamnya yang biasa di sebut chipset. Saat ini chipset ini sudah di kembangkan di generasi terbarunya yang digadang tercepat dan sudah di gunakan di beberapa seri dari berbagai vendor smartphone saat ini.



Chipset menjadi tolak ukur, bagus atau tidaknya sebuah ponsel pintar, karena dengan kualitas dan canggihnya smartphone tergantung dari jenis chipset yang digunakannya, berikut ini ada beberapa pabrikan yang memproduksi chipset. Otak yang bekerja di balik layar yang tidak banyak pengguna gadget ketahui.

Urutan Produsen Chipset Terbaik Saat Ini


Qualcomm
Anda pasti sangat mengenal nama satu ini, iya qualcomm adalah salah satu produsen yang memproduksi chipset tercepat saat ini yaitu Snapdragon 820. Chipset ini sudah di gunakan untuk banyak vendor smartphone besar di seluruh dunia diantaranya LG G5, Samsung Galaxy S7, Galaxy S7 Edge dan Sony Xperia X Perfomance.

Perusahaan yang berada di Amerika tersebut, juga memproduksi chipset jenis lainnya yang di bawahnya seperti Snapdragon 625, Snapdragon 435 dan Snapdragon 425. Ini bisa menjadi rekomendasi untuk anda yang ingin memilih gadget baru dengan kualitas loading akses tercepat yaitu Snapdragon 820.

Apple
Brand satu ini sudah sangat di kenal dari semua kalangan pengguna ponsel pintar di seluruh dunia, perusahaan berlogo buah apel ini memang memberikan chipset sendiri untuk semua smartphone yang di produksinya. Jika kita ketahui angka penjualan iPhone dan iPad sangatlah besar.

Jadi sangat wajar jika menempati urutan kedua chipset terbaik saat ini, chipset keluaran Apple terbaru Apple A9 yang sudah di pasang di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus walau masih menggunakan prosesor dual-core hanya kecepatan 1.82 Ghz, namu kinerja chipset satu ini bisa mengimbangi Snapdragon 810 keluaran Qualcomm. Sudah hal wajar jika produsen satu ini selalu unggul dalam segi otak ponsel pintarnya.

MediaTek
Perusahaan produksen chipset satu ini tidak kalah dengan saingannya Qualcomm, jika anda tau istilah True octa-core yang maksudnya bahwa semua core dapat berjalan dengan secara bersamaan tanpa harus berganti kinerjanya secara bergantian. Ini adalah salah satu besutan dari MediaTek.

Chipset MediaTek memberikan seri terbarunya yaitu Helio P20 yang sudah deca-core merupakan chipset terbaik dan terbaru yang berhasil di ciptakan MediaTek dan siap untuk mengisi semua smartphone pintar di pasaran.

Samsung Exynos
Smartphone besutan dari Samsung selain menggunakan chipset dari Qualcomm, mereka juga memproduksi chipset sendiri bernama Exynos, chipset ini sudah mengisi salah satu ponsel flagshipnya yaitu Galaxy S6, sempat di kabarkan bermasalah ketika menggunakan Snapdragon 810 karena seringnya overheat. Maka samsung lebih mempercayakan dengan besutannya sendiri yaitu Exynos dan terbukti hasil lebih mumpuni dan berjalan dengan lancar.

Exynos 7 Octa 7870 salah satu produk tercanggihnya dari Samsung yang menggunakan Teknologi FinFET yang menggunakan core Cortex-A53 mampu melaju dengan kecepatan 1.7Ghz.

Spreadtrum 
Perusahaan chipset asal china ini memang belum sesukses lainnya, namun di kabarkan Spreadtrum siap untuk menyusul MediaTek dengan membidik kelas menengah kebawah, meskipun pasar ini tidak sebesar pasar midle ke atas. Namun angka penjualannya sangat besar. Maka pesaingan yang ingin di rebut Spreadtrum  dari MediaTek saat ini sangatlah cocok.

Demikian beberapa perusahaan chipset, otak ponsel pintar yang mengisi smartphone anda yang berperan penting dalam setiap kinerja smartphone. Semoga bisa membuka wawasan anda dan bisa memilih smartphone terbaik menurut chipset yang di sematkan di dalamnya.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.