SEO VS Facebook Ads

Kadangkala sebagai internet marketer para pelaku sering ada yang bimbang akan pilihan untuk menggunakan sesuatu agar keuntungan berlipat ganda. Terlebih jika belum pernah mencoba menggunakannya, seperti yang satu ini. Penggunaan SEO (Search Engine Optimization) atau dengan Facebook Ads. Keduanya dipastikan sangat menguntungkan, namun harus ditelaah dulu berdasarkan kebutuhan. Menurut Charlie M. Sianipar, Master SEO Indonesia, "SEO maupun Facebook Ads memililki karakteristik yang sangat berbeda dengan kelebihannya masing-masing". Mari kita bahas komparasi diantara keduanya.

1. 1.    Modal Berbeda
Hampir semua langkah, strategi marketing baik di dunia nyata maupun dunia digital membutuhkan biaya. Meskipun takarannya sangat relatif berbeda, tergantung media yang digunakan dan cara menggunakannya termasuk siapa yang mengelolanya.

Facebook Ads jelas sudah ada tarif tertentu untuk mengiklan yang dihitung per tampilan atau per hasil orang yang mengklik iklan dikenal dengan PPC (Pay Per-Click). Komparasinya berbeda dengan teknik SEO yang akan membutuhkan dana jika menggunakan jasa profesional. Tapi bisa juga tidak menggunakan anggaran sama sekali jika mampu dilakukan sendiri. 

1. 2.    Tingkat Persaingan
Persaingan pada SEO bisa dilihat dengan jelas dengan posisi Website di halaman pencarian Google dengan kata kunci tertentu. Anda bisa melakukan effort yang lebih tinggi karena harus terus bersaing dengan pemain SEO lain. Namun berbeda dengan Facebook Ads yang persainganya tidak terlihat dengan jelas kecuali kita menelusuri satu per satu iklan yang tayang. 

1. 3.    Faktor Rentang Waktu
Menjalankan teknik SEO sama saja dengan membangun investasi pasar untuk jangka panjang (long term). Karena hasilnya tidak didapatkan hanya dalam satu atau dua bulan, melainkan membutuhkan proses panjang agar Website bisa berada di halaman pertama. Semakin seram tingkat kompetisi, hasilnya akan semakin lama dan itupun jika teknik yang dilakukan benar, jika salah optimasi, alih-alih Website bisa kena pinalti oleh Google, hilang dari halaman pencarian. Jika sukses, atau dikerjakan oleh Master SEO, anda tidak perlu mengeluarkan anggaran selamanya karena pengunjung akan datang secara organik, kecuali situs tersebut dikalahkan kembali oleh pesaing. Sementara Facebook Ads hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja agar iklan bisa tampil, namun akan berhenti tayang jika saldo iklan telah habis.

1. 4.    Tingkat Keberhasilan
Bicara soal keberhasilan juga cukup relatif, karena tergantung teknik yang digunakan. Jika tidak mengerti teknik SEO, menggunakan jasa professional, bisa dipastikan berhasil namun harus cari Jasa SEO yang berkualitas. Keberhasilan meraih kata kunci tertarget dipastikan akan mendapatkan pengunjung rutin. Jika mereka tertarik dengan situs yang tampil pada halaman pertama, cenderung dikunjungi pengguna Google. Potensi pengunjung membeli produk, menggunakan jasa sangat besar. Dikenal dengan convertion rate. Situs Web dikunjungi dan pengguna menemukan kebutuhannya terjadi secara natural.

Sementara pada Facebook Ads, keberhasilan ditentukan oleh pemahaman yang baik dan cara marketing yang tepat terhadap produk yang dijual dan target market yang dituju. Karena semakin spesifik target market Facebook Ads maka akan semakin baik, ditambah lagi dengan target yang tepat pengguna Facebook setiap hari. Pada Facebook Ads pemasang iklan bisa menentukan akun tertarget dengan hobi, gender, usia, minat, ketertarikan dan identitas lain yang menguntungkan sebagai pengiklan. 

1. 5.    Fokus Pada Target
Coba cek di mesin pencari dan data semuanya, produk apa saja yang dijual di sana dengan mengandalkan teknik SEO lalu cek di Facebook Ads dan data semuanya, produk apa yang laris dengan penjualan melalui Facebook Ads. 

Kita akan komparasikan keduanya, teknik SEO ternyata bisa diberlakukan pada semua produk dan rasio kemungkinan membeli lebih besar. Rahasianya adalah orang yang membeli melalui mesin pencari Google kebanyakan dilakukan karena dibutuhkan. Mereka butuh, lalu mencari di Google. Sementara di Facebook Ads, kebanyakan terjadi pembelian karena mereka tertarik untuk menggunakan produk. Melihat iklan yang menarik, lalu tertarik dan membeli. Ini juga akan berpengaruh terhadap jenis produk yang di jual. Produk yang dijual melalui Facebook Ads rata-rata adalah memenuhi kebutuhan tersier atau komplementer. Harga produk yang dipasarkan cukup murah, tak perlu mikir untuk membeli.

Menggunakan teknik SEO maupun beriklan di Facebook Ads keduanya bisa menguntungkan tergantung strategi yang digunakan. Tipsnya, lakukan split test untuk mengetahui respon pembeli. Caranya, dengan mengubah perlakuan terhadap copy-writing, posisi iklan, jam iklan pada Facebook Ads dan target kata kunci, kualitas backlink dan konten pada teknik SEO. Gunakan tools professional untuk mengukur tingkat keberhasilan dan ini adalah mutlak. 

Jika anda adalah pemilik bisnis dan ingin memasuki dunia baru, internet marketing dan tiba pada halaman bertajuk SEO vs Facebook Ads, karena diantarkan oleh situs pencari atau dari media sosisl. Sebaiknya tetaplah fokus pada bisnis, bermitralah dengan ahlinya, para internet marketer professional atau Master SEO Indonesia, diskusikan dengan mereka untuk memulai digital marketing tanpa buang-buang waktu.


Facebook SEO

Previous Post Next Post

Contact Form