Weekend merupakan hari liburan tersingkat yang biasanya dimiliki setiap orang yang sering bekerja atau bersekolah, jatah liburan ini tentunya tidak ingin dilewatkan oleh banyak orang. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh mereka untuk menghabiskan masa liburan singkat ini, baik itu bermain ke mall, ke pantai, naik gunung / hiking, dan masih banyak lagi, ada juga yang menghabiskan masa liburan singkat dengan diam di rumah sambil menonton acara kesayangan.

Meski banyak kegiatan yang dapat dilakukan pada weekend ini, tentunya anda juga harus selalu menjaga kesehatan tubuh agar pada awal masuk kerja atau mulai bersekolah nanti tubuh tetap terasa bugar dan fit. Berikut ini, ada 6 kegiatan yang dapat menjaga kesehatan Anda selama libur weekend.


6 Kegiatan Sehat Selama Liburan


Mulai dengan kegiatan sehat
Hari libur atau weekend  bukanlah hari dimana Anda dapat bermalas-malasan dan dapat melakukan berbagai aktifitas sesuai keinginan, namun pada hari ini tentunya dapat dijadikan sebagai hari untuk melakukan berbagai kegiatan sehat yang tidak dapat dilakukan selama hari-hari biasa. Kegiatan tersebut diantaranya ialah olahraga pagi dan sore (bisa dengan melakukan olahraga sederhana seperti jogging keliling komplek sambil menghirup udara segar, atau jenis olahraga lainnya), tidur yang nyenyak maksimal 8 jam sehari, dan juga mengkonsumsi makanan sehat.

Tidak mengkonsumsi vitamin
Vitamin hanya memberikan manfaat yang kecil kepada tubuh, untuk asupan yang satu ini dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran. Karena pada dasarnya vitamin dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi yang sedikit, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin sudah cukup dilakukan tanpa harus ada tambahan vitamin dalam bentuk obat.

Vaksin anti flu
Menggunakan vaksin anti flu dipercaya dapat membantu tubuh agar terhindar dari penyakit, kegiatan ini dapat dilakukan selama satu atau 2 minggu sebelum melakukan perjalanan ke tempat liburan yang dituju. 

Cuci tangan
Kegiatan yang menyehatkan lainnya selama liburan dan hari biasa dapat dilakukan dengan rajin mencuci tangan, hal ini akan menghindarkan Anda dari masuknya bakteri jahat melalui tangan Anda. Selain itu, kegiatan ini juga sangat efektif untuk menghindarkan Anda dari bakteri yang mudah menular melalui tangan. Cucilah tangan sebelum dan sesudah makan atau menggunakan toilet, gunakan sabun antibakteri yang efektif menghilangkan bakteri dan kuman.

Bersihkan barang-barang di rumah
Kegiatan weekend dapat dijadikan sebagai ajang untuk membersihkan rumah, tentunya dengan kegiatan yang satu ini akan membuat rumah menjadi nyaman dan bersih. Memiliki rumah yang nyaman dan bersih tentunya akan membuat hidup terasa lebih sehat, terhindar dari berbagai kuman yang mungkin menempel di berbagai benda yang ada di rumah. Untuk hasil maksimal, gunakan pembersih yang mengandung antibakteri.

Masker
Ketika akan berpergian ke luar saat weeked, terlebih berpergian ke tempat yang terdapat banyak debu dan juga polusi, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker. Masker ini berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut Anda termasuki oleh polusi yang dapat menyebabkan berbagai masalah dan mengandung banyak bakteri jahat yang dapat memicu berbagai penyakit.

6 tips sehat saat liburan weekend di atas tentunya dapat dilakukan di rumah dengan rutin, karena kita tidak dapat melakukan kegiatan di atas setiap hari setidaknya lakukan kegiatan tesebut pada saat weekend atau hari libur. Badan yang bersih dan sehat tentunya akan membuat jiwa yang sehat, sehingga kemampuan kerja di hari berikutnya akan lebih baik lagi.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.