Dewasa ini dunia semakin maju dan canggih saja, hal ini tentunya tidak terlepas dari rajinnya para ilmuan dan scientist dalam melakukan penelitian tentang berbagai hal yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dilakukan. Teknologi merupakan satu dari banyak hal yang mengalami kemajuan paling pesat, terlebih lagi semenjak adanya internet.

Internet merupakan salah satu penemuan umat manusia terbesar saat ini, dengan menggunakan internet kita dapat melakukan berbagai macam hal di dunia maya. Telepas pada fungsinya sebagai media informasi dan komunikasi, internet saat ini sudah mengalami banyak perubahan dibandingkan dengan ketika awal mula diciptakannya. Bahkan menjadi salah satu andalan untuk melakukan digital marketing dengan baik seperti yang diperkenalkan oleh www.digicampaign.com di Indonesia, perusahaan digital marketing di Jakarta.


Sejarah Asal Mula Internet


Tahun 60-an
Levi C. Finch bersama Robert W. Taylor melakukan penelitian tentang jaringa global dan juga interoperabilitas, penelitian yang dilakukan pada tahun 60-an. Penelitian ini menghasilkan sebuah solusi permasalahan dengan packet switching, dengan paket ini data atau file dengan ukuran yang besar dapat dikirimkan melalui jaringan komputer harus dilakukan pemotongan menjadi file data yang lebih kecil ukurannya.

Tahun 1969
Robert W. Taylor yang merupakan kepala kantor pemrosesan informasi di DARPA mencoba untuk mengimplementasikan ide pembuatan sistem jaringan yang dapat saling terhubung, hal ini ia lakukan di tahun 1969. Kemudian mulailah proyek ARPANET yang dilakukan bersama Larry Robert dari MIT. Untuk sambunga yang pertama kali terbentuk yakni antara Univ. of California, UCLA, dan SRI di tanggal 29 Oktober tahun 1969 tepatnya pukul 22:30.

Lanjut di tanggal 5 Desember 1969, 2 jaringan lain ikut bergabung yakni univ. of Utah dan univ. of California, Santa Barbara. ARPANET ini memiliki basis teknologi ALOHANET yang berkembang denga sangat cepat di tahun  1981, simpul yang dimiliki sampai tahun 1981 sebanyak 213.

Internet dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dalam sebuah proyek dengan nama ARPANET atau advanced research project agency network. Pada proyek yang satu ini, mereka melakukan demonstrasi tentang bagaimana sebuah software dan juga hardware  dengan basis UNIX mampu melakukan sebuah komunikasi melalui saluran telepon dalam jarak yang tidak terhingga.

Proyek ARPANET merupakan proyek yang merancang sebuah bentuk jaringan, kehandalan, dan juga seberapa besar sebuah informasi dapat dipindahkan. Untuk rancangan standar yang diterapkan pada proyek ini yang nantinya akan menjadi cikal bakal pembanguna protocol baru, saat ini protocol tersebut dikenal dengan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Tahun 1972
Di tahun 1972, proyek ARPANET ini diumumkan ke khalayak umum tepatnya pada bulan Oktober. Tak lama setelah itu proyek ini berkembang dengan sangat pesat, sehingga ARPANET sendiri kesulitan dalam melakukan pengaturan di dalamnya. Oleh sebab tersebut, ARPANET terpecah jadi 2, yakni MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET yang lebih kecil untuk non-militer. Gabungan dari kedua jaringan dikenal engan DARPA, kemudian disederhanakan dengan nama Internet.

Tahun 1998
Orang yang paling memiliki jasa besar atas lahirnya internet di seluruh dunia bernama Jon Postel, berasal dari ISI (Information Science Institute) di univ. of Southern California (USC). Beliau melakukan sebuah metode pengalamatan di dalam internet, manajemen DNS, tipe media, dan juga berbagai alokasi nomor untuk dapat melakukan tata cara komunikasi di internet. 

Beliau wafat di tahun 1998 tanggal 16 oktober, sampai saat itu beliau masih melakukan tat kelola IANA (Internet Assigned Number Authority). Tanggal 21 Juli tahun 1998, Jon Postel mendapatkan sebuah silver medali yang diberikan oleh ITU (International Telecommunication Union).

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.