Ubi jalar merupakan salah satu sumber makanan yang banyak terdapat di Indonesia, kemudahan memperoleh salah satu umbi-umbian ini memang menjadi salah satu faktor gemarnya masyarakat menyukai buah yang satu ini. Sebagian daerah menjadikan ubi jalar sebagai produk makanan utama mereka, karena ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Artikel bertajuk Sepuluh Jenis Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan ini, layak dibaca untuk menambah wawasan, cara hidup sehat dengan biaya hemat.

Ubi Jalar


Ada banyak manfaat mengkonsumsi ubi jalar, seperti yang terangkum dalam artikel berikut ini.

10 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan

Membantu menjaga sistem imun (kekebalan tubuh)
Selain memiliki kandungan betakaroten, ubi jalar juga memiliki kandungan nutrisi lainnya seperti vit. C, B kompleks, zat besi, dan fosfor. Nutrisi tersebut dapat menjadikan ubi jalar sebagai penguat sistem imun yang baik.

Membantu mengatasi peradangan
Meski tidak masuk keluarga kentang-kentangan, namun ubi jalar mampu mengatasi efek dari peradangan. Dengan dukungan betakaroten, vit. C, dan juga magnesium menjadikan umbi yang satu ini dapat menyembuhkan peradangan eksternal maupun internal.

Mengatasi bronchitis dan juga asma
Seorang ahli nutrisi bernama Emilia, kandungan vit. C, zat besi, dan juga nutrisi lainnya yang ada dalam ubi jalar dapat membatu dalam mengatasi bronchitis. Selain itu, ubi jalar juga dipercaya membantu menghangatkan tubuh serta memiliki kemampuan untuk mengatasi bronchitis.

Meredakan sakit artritis
Ubi jalar mampu mengatasi artritis karena mengandung magnesium, seng, betakaroten, dan vit. B kompleks. Caranya dengan mengompres bagian yang sakit dengan menggunakan air rebusan ubi jalar.

Baik untuk pencernaan
Ubi jalar juga memiliki kandungan serta, hal ini menjadikannya sangat baik untuk pencernaan. Meski memiliki sumber kandungan serat yang tinggi, namun makanan ini tergolong makanan yang mudah dicerna.

Membantu atasi kanker
Betakaroten merupakan antioksidan dan juga pemberi warna untuk ubi jalar, selain itu kandungan vit. C akan menjadi komponen yang penting untuk membantu dalam mengatasi kanker. Khususnya untuk jenis kanker kolon, prostat, usus halus, ginjal, dan sejumlah kanker sejenisnya.

Membantu menjaga keseimbangan air
Kandungan serta dalam ubi jalar dapat membantu dalam menahan air, hal ini mejadikan ubi jalar dapat mempertahankan keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh pengkonsumsinya.

Sumber karbohidrat diabetes
Penderita diabetes memiliki aturan yang sangat ketat terutama dalam hal mengelola makannya, memilih jenis makanan baik serta harus mengurangi makanan manis. Beberapa jenis sumber karbohidrat harus diseleksi. Namun untuk ubi jalar sendiri, produk makanan yang satu ini boleh dikonsumsi oleh pengidap diabetesi.

Pasalnya, ubi jalar efektif dalam meregulasi kadar gula darah dan juga membantu sekresi serta fungsi insulin. Ubi jalar ini dapat dijadikan sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat yang dibutuhkan. Namun tidak semua pengidap diabetes dapat menyantap menu yang satu ini sesuka hatinya, harus ada aturan mengenai asupan yang seimbang.

Menambah berat badan
Bagi yang ingin menambah berat badan agar sedikit berisi, ubi jalar ini dapat dijadikan sebagai menu makan yang baik untuk dikonsumsi, Sebab ubi jalar memiliki kandungan zat gizi yang baik di dalamnya, selain itu kandungan karbohidarat dapat dijadikan sumber energi bagi kesehatan tubuh dengan hemat biaya.

Manfaat lainnya
Fakta lain yang didapatkan dari ubi jalar adalah, bagi pecandu rokok dan ingin berhenti merokok, ubi jalar ini dapat dijadikan obat efektif untuk membantu dalam menghentikan ketergantungan pada rokok. Selain rokok, ubi jalar juga dapat membantu penghentian dari minuman, serta berbagai jenis narkotika tertentu.

Kemudian, ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan dari pembuluh darah arteri dan vena. kandungan betakaroten dan fosfor akan sangat baik untuk kesehatan mata dan kardiovaskular.

All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.