Munculnya produk asuransi di tengah-tengah masyarakat pada dasarnya merupakan bentuk dari perlindungan risiko. Berbagai upaya dilakukan oleh manusia untuk mengurangi beban risiko tersebut salah satunya melalui asuransi. Risiko yang kemungkinan terjadi berupa risiko kesehatan, risiko kehilangan kekayaan, risiko musibah bencana alam hingga risiko lainnya di masa mendatang yang diperkecil risikonya dengan perencanaan asuransi sejak dini yang memberikan nilai investasi. Salah satu risiko masa depan yang penting untuk diperhitungkan sejak dini bagi keluarga baru adalah alokasi penggunaan dana pendidikan anak. Pendidikan merupakan hal yang wajib harus diberikan kepada anak supaya memiliki masa depan cerah dan jenjang karir yang sukses.

Oleh karena itu diperlukan perhitungan dan persiapan khusus anggaran yang dibutuhkan untuk biaya terkait pendidikan anak. Sekarang ini anggaran khusus pendidikan yang dibutuhkan oleh setiap keluarga tidaklah sedikit, sebab rata-rata biaya pendidikan mengalami kenaikan hingga 15% per tahun. Penggunaan asuransi pendidikan dianggap lebih menguntungkan dibandingkan dengan hanya mengikuti tabungan pendidikan. Apabila anda tertarik untuk menggunakan asuransi pendidikan, ada baiknya mempertimbangkan berbagai hal berikut sebelum memilihnya.

Perkirakan Kebutuhan Pendidikan Anak di Masa Depan
Sebagai orang tua yang hendak menjadi pihak yang membayarkan asuransi tentunya di awal Anda wajib melakukan perkiraan kebutuhan pendidikan anak di masa datang. Catatkan jenjang pendidikan dan lokasi sekolah yang hendak dicapai serta besar biaya yang akan ditanggung pada masa buah hati Anda mengenyam tingkat tersebut. Pertimbangkan dengan hitungan pendapatan tetap Anda, kebutuhan keluarga, dan juga asuransi lainnya bila ada.

Premi Biaya Pendidikan
Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai besaran premi dan pilihan premi yang akan diambil sebelum menentukan pilihan asuransi pendidikan anak Anda. Premi merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan setiap bulannya kepada para pemegang polis asuransi. Beberapa perusahaan memberikan kewenangan penuh pada Anda untuk memilih jumlah premi yang dibayarkan, dengan jumlah minimal tertentu. Jika Anda tidak ingin terkena imbas inflasi, sebaiknya hindari premi dengan jumlah yang sedikit. Hal ini dikarenakan laju inflasi setiap tahun di Indonesia berada pada kisaran 6% - 9%. Dengan demikian perkiraan laju tambahan biaya pendidikan mencapai 20% hingga 25 % setiap tahun. Premi yang terlalu rendah memiliki kemungkinan besar tidak tercukupinya biaya pendidikan Anak di masa yang akan datang.

Polis yang Fleksibel
Tak semua perusahaan asuransi memberikan kewenangan pada Anda mengambil polis sebelum sampai pada periode tertentu. Misalnya sebelum masa anak Anda memasuki jenjang sekolah atau perguruan tinggi tertentu, ternyata Anda membutuhkan uang tersebut dalam waktu yang cepat dan mendesak, tapi ternyata Anda tidak diperbolehkan untuk mengambilnya. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu persyaratan sebelum Anda menandatangani perjanjian asuransi tersebut. Sebaiknya pilih asuransi dengan polis yang fleksibel, atau dengan kata lain polis asuransi bisa diambil kapan saja sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak atau yang lainnya.

Memilih Asuransi Pendidikan Terbaik
Anda harus mengenal perusahaan dimana anda akan menaruh uang asuransi pendidikan anak. Salah satu contoh produk asuransi pendidikan Bank Mandiri yang menyediakan khusus layanan dalam mengatur keuangan bagi asuransi pendidikan anak dibuat dan dipersiapkan oleh AXA Mandiri. Asuransi tersebut bernama Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas yang merupakan program asuransi yang menyediakan rangkaian asuransi jiwa jika sesuatu terjadi pada diri orang tua, sehingga ada bantuan perencanaan keuangan untuk memastikan kesiapan dana pendidikan anak.

Produk asuransi pendidikan AXA Mandiri memiliki keunggulan fleksibilitas menentukan premi dan uang pertanggungan, sesuai dengan kebutuhan. Hal ini didasari kondisi keuangan keluarga yang mungkin berubah di masa datang. Selain itu juga terdapat manfaat tambahan perlindungan kesehatan sebagai perlindungan bagi orang tua sebagai pencari nafkah. Dalam mengikuti produk asuransi sudah seharusnya Anda mendapatkan infomasi selengkapnya pada perusahaan yang ingin dipiih dan rasa nyaman demi pertanggungan pendidikan anak di masa depan.


Asuransi AXA Mandiri



All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.