image taken by smartphone cameraSmartphone saat ini menjadi barang yang hampir setiap waktu kita bawa. Tidak terbatas untuk alat komunikasi saja, smartphone mampu menghadirkan fungsi lain dengan sematan teknologi yang mumpuni; seperti mp3 player, organizer, to-do list, dan kamera. Pengguna tentu tidak melewatkan kecanggihan fitur kamera pada smartphone, perkembangannya selalu dinantikan. 

Peminat fotografi smartphone semakin meningkat. Tentu kegiatan ini harus didukung dengan kecanggihan dan kemampuan kamera smartphone yang mumpuni. Namun, penggunaan smartphone berkamera canggih tanpa skill fotografi dirasa tetap menghasilkan kualitas foto yang tidak impresif. Berikut ini beberapa tips bagi pemula untuk memaksimalkan kualitas foto dari kamera smartphone dan menghasilkan foto yang ekspresif dan impresif :

Dekati Objek Foto
Beberapa kamera smartphone cenderung menampilkan gambar dengan memperkecil objek foto. Jika ingin menampilkan detail suatu objek, dekatilah objek tersebut. Hindari pemakaian zoom. Zooming hanya akan membuat detail gambar menjadi pecah dan cenderung buram. Jangan lupa untuk selalu menggunakan resolusi kamera tertinggi. Resolusi kamera yang tinggi memberikan hasil gambar yang bisa dicetak dalam ukuran besar. Resolusi yang tinggi berarti ukuran file yang lebih besar. Pastikan ruang penyimpanan memori tetap tersedia.

Pakai Tripod Lebih Membantu
Kestabilan adalah kunci dalam pengambilan gambar dengan detail tetap, atau tidak goncang. Memotret menggunakan tangan dirasa sudah cukup, namun akan lebih baik jika menggunakan sebuah sandaran atau tripod. Tripod membantu Anda memperoleh kestabilan dalam memotret.

Perhatikan Sumber Cahaya
Usahakan untuk selalu memotret dengan pencahayaan yang cukup, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Beberapa kamera smartphone tidak mendukung Night Mode atau fitur flash. Selalu perhatikan sumber cahaya dan cari posisi yang tidak menyebabkan sinar masuk terlalu banyak ke lensa. Seiring perkembangan jaman, teknologi yang disematkan pada kamera smartphone semakin canggih. Termasuk didalamnya teknologi memotret dalam cahaya redup. Beberapa diantaranya Sony Xperia Z5, Google Nexus 6P, dan Samsung S6 Edge.

Be Creative!
Potretlah beberapa objek, sesering mungkin! Gunakan sudut pandang yang tidak biasa. Jadilah kreatif dengan menentukan objek dari sudut yang berbeda-beda, dan perpektif yang tepat. Misalnya pengambilan gambar dari sudut atas, pojok kanan bawah, dan semacamnya. Gambar yang tidak biasa ini justru menimbulkan kesan luar biasa bagi penikmat fotografi. Namun perlu diingat untuk selalu memperhatikan komposisi gambar.

Edit Seperlunya
Beberapa foto menjadi semakin menarik bila ditambahkan filter atau sedikit editing. Pilihlah aplikasi editing foto yang sesuai dan berkualitas bagus. Hindari pemakaian efek berlebihan. Hal ini justru menghilangkan seni dari foto tersebut. Jika ingin menampilkan kesan foto yang natural, cukup atur contrast, lightness, vibrancy dan sharpness. Mayoritas foto yang menjadi favorit fotografer seluruh dunia adalah foto dengan sedikit filter, efek atau polesan.

Cukup mudah bukan? Selain tips memotret dengan kamera smartphone diatas, sering-seringlah melihat hasil karya fotografer dunia. Karya mereka bisa dijadikan referensi dalam belajar memotret. Semakin sering belajar dan berlatih, maka hasil karya pun semakin menakjubkan. Jangan lupa tunjukkan hasil belajar dengan membaginya di situs jejaring sosial sambil berbagi pengalaman dengan peminat fotografi lainnya. Semoga bermanfaat!
All rights reserved, Copyright © 2015 www.benhil.net. Powered by Blogger.