Maksimalkan Aplikasi Sosial Media Untuk Bisnis

Kiat jitu memaksimalkan aplikasi social media untuk kepentingan bisnis menjadi hal yang sangat menarik setelah banyak orang terhubung dengan berbagai situs jejaring social. Saat ini bukan hanya situs tersebut yang mudah digunakan, belakangan ini muncul berbagai jenis aplikasi untuk mempermudah penggunaanya. Tinggal unduh banyak yang gratis, ada untuk Android, Apple iOS, BlackBerry dan Windows Mobile. Yang ingin kami tekankan pada artikel ini, agar aplikasi tersebut dapat anda maksimalisir penggunaannya. Langkah langkah berikut perlu diperhatikan. Konsep ini dijalankan oleh kebanyakan perusahaan atau agency penyedia layanan jasa sosial media marketing profesional yang dapat mempersiapkan seorang manager bagi kliennya, untuk memastikan taktik yang dijalankan efektif dan terukur.

Sosial media kini menjadi sebuah media untuk berbagi berbagai macam hal di dunia. Kepopuleran sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Path, Plurk, dan sebagainya membuka peluang besar bagi pelaku bisnis. Mereka mulai melirik sosial media sebagai sebuah sarana terbaik dan efektif untuk melakukan campaign, menawarkan produk, jasa, maupun layanannya ke pelanggan yang dapat juga dilakukan dengan pemasangan iklan profesional. Pesatnya jumlah pengguna sosial media merupakan sebuah kesempatan besar untuk dijadikan sebagai target bisnis. Dalam hal ini, enam strategi berikut ini bisa membantu Anda untuk memaksimalkan aplikasi social media untuk bisnis.

•    Tentukan sasaran dan tujuan sosial media marketing Anda. Langkah pertama untuk strategi social media marketing ialah membangun target dan tujuan yang ingin dicapai. Memiliki sasaran juga memungkinkan Anda untuk secara cepat bereaksi saat sosial media tidak mencapai ekspektasi. Tanpa tujuan yang jelas, tidak ada harapan bisnis yang dijalankan menemui kesuksesan. Tujuan-tujuan yang diciptakan harus dibarengi dengan strategi marketing yang solid.

•    Ciptakan survey pada sosial media. Penting untuk melakukan rencana sosial media marketing Anda, ukur berapa persen pengguna sosial yang ada dan bagaimana membuatnya masuk dalam strategi yang Anda jalankan. Hal ini mengharuskan Anda mengetahui siapa saja yang terhubung ke jasa atau produk ada melalui sosial media. Cara ini memungkinkan Anda mengetahui bagaimana karakteristik dari calon pelanggan yang tertarik dengan produk atau jasa yang diperkenalkan.

•    Tingkatkan kualitas layanan sosial media Anda. Setelah mengetahui bagaimana karakteristik dari target bisnis Anda, saatnya membenahi dan meningkatkan kualitas layanan yang Anda tawarkan. Ciptakan interface semenarik mungkin dengan melihat tujuan dan target yang sebelumnya telah direncanakan. Respon setiap interaksi dengan baik, dapat juga digunakan sebagai PR (Public Relation) hingga mengantisipasi bila terjadi krisis managemen yang dapat merusak reputasi perusahaan.

•    Dapatkan inspirasi sosial media dari pemimpin industri, kompetiror, dan klien. Mendapatkan banyak feed-back dari orang-orang besar dalam menjalankan bisnis melalui sosial media memang hal yang patut dilakukan. Dengan cara ini Anda bisa lebih mengetahui bagaimana menerapkan strategi sosila media marketing dengan benar. Selain itu, kompetitor dan kien bisa menjadi motivasi yang bagus untuk terus berbenah dalam mencapai target bisnis.

•    Ciptakan rencana konten dan kalender editorial. Konten menjadi hal penting untuk kesuksesan bisnis di sosial media. Rencana sosial media marketing Anda harus memasukkan rencana konten marketing yang terdiri atas strategi penulisan konten dan kualitas konten itu sendiri. Selain konten, ciptakan rencana untuk memuat konten Anda di sosial media, kapan posting di blog atau Website.

•    Eksekusi, nilai dan sesuaikan rencana sosial marketing efektif Anda. Untuk mengetahui penyesuaian seperti apa yang dibutuhkan, Anda perlu menerapkan langsung rencana yang sudah dibuat. dengan demikian akan terlihat kelebihan dan kekurangan dari rencana sosial marketing Anda.

Membuat rencana sosial marketing agar efektif sangatlah penting guna meningkatkan keuntungan bisnis yang dijalankan. Selain itu, langkah seperti ini akan lebih membuka peluang untuk mengembangkan bisnis melalui media yang langsung mengarah kepada target bisnis. Bila anda tidak memiliki rencana yang jelas, upaya anda bisa sia-sia dan buang buang waktu.

Jurus Berjualan di Instagram

Optimizer

Pemilik beberapa blog yang dikelola dengan baik oleh Internet marketer, konsultan internet marketing dan professional photographer di Jakarta, pendiri digital agency dengan layanan jasa pemasaran online dengan berbagai konsep terbaru, seiring dengan perkembangan teknologi internet diantaranya penyedia layanan jasa SEO (Seach Engine Optimization)

Previous Post Next Post

Contact Form