Ini Bocoran Jatah Menteri Prabowo-Gibran Versi Pengusaha Solo

Prabowo-Gibran

Meski Presiden dan wakil presiden yang terpilih di Pilpres (Pemilihan Presiden) 2024, yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, baru dilantik pada Oktober ini, namun spekulasi siapa yang akan menjadi menteri pada kabinetnya sudah menjadi pembicaraan hangat.

Rumor tentang siapa yang akan menjadi menteri periode mendatang menjadi topik perbincangan menarik bagi masyarakat, baik secara langsung atau di media sosial (medsos). Beberapa politisi senior, seperti Fadli Zon dan Airlangga Hartarto disebut menjadi anggota kabinet itu.

Benhil mendapat informasi dari pengusaha Solo yang dekat dengan pejabat Kota Batik itu bahwasannya beberapa nama sudah dipastikan akan didapuk membantu kinerja pemerintahan pada 2024-2028.

Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya tersebut beberapa calon menteri itu masih berlatar belakang politisi, belum merambah ke kalangan profesional dan akademisi. Jadi belum sepenuhnya memenuhi posisi kabinet.

Nama yang paling santer disebut adalah Fadli Zon yang ternyata akan menduduki posisi yang saat ini diemban oleh Retno Maruti, yakni Menteri Luar Negeri RI. Hal itu merupakan kejutan karena beberapa bulan belakangan ini politisi Partai Gerindra itu sudah jarang muncul di publik.

Nama-nama lain yang masuk kategori politisi senior adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto. Jokowi dan SBY akan menduduki jabatan sebagai Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), sedangkan Airlangga tetap dipercaya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Selain itu juga ada Mantan Kapolri Tito Karnavian yang akan tetap dipercaya menduduki posisi saat ini, yaitu menteri dalam negeri.

Munculnya nama SBY di posisi watimpres menguatkan dugaan kalau putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan tetap dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang. Saat ini AHY juga merangkap jabatan sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional.

Banyak Politisi Muda

Selain AHY, politisi muda yang santer disebut akan masuk kabinet Prabowo-Gibran adalah Maruarar Sirait. Mantan politisi PDIP (PDI Perjuangan) yang menyeberang ke Gerindra itu juga akan mengisi jabatan menteri koperasi dan UMKM.   

Budiman Sudjatmiko juga santer dicalonkan sebagai Menteri Desa dan Transmigrasi. Sedangkan politisi perempuan yang terpilih berasal PSI (Partai Solidaritas Indonesia) Grace Natalia yang akan menjadi menteri muda sosial, kesejahteraan perempuan dan anak. 

Bagaimana dengan politisi yang berasal dari partai pemenang Pileg (Pemilihan Legislatif), yakni PDIP . Sejauh ini pengusaha rekanan Pertamina itu belum bisa memastikan siapa kader partai berlambang banteng moncong putih itu yang akan dipilih sebagai menteri.

Hal itu cukup beralasan karena hingga saat ini Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri belum mengambil keputusan untuk bergabung dengan pemerintah atau menjadi oposisi. Namun yang pasti sebagai pemenang pemilu partai tersebut sudah mengamankan posisi sebagai Ketua DPR RI. Sebuah jabatan yang juga setingkat menteri. 

Karena informasi posisi menteri tersebut berasal dari pengusaha, mungkin menjadi harapan bagi iklim usaha yang kondusif pada masa mendatang. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form