Peluang Hendi di Jateng 1, Setelah Dico-Raffi Ahmad dan Sudaryono Makin Moncer

Dico-Raffi Ahmad


Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2024 baru akan berlangsung pada bulan Oktober, namun peta dukungan masyarakat pada calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng) masih dinamis.

Seperti diketahui, nama Mantan Walikota Semarang Hendrar Prihadi atau akrab dipanggil Hendi pada bulan Maret paling diunggulkan, sedangkan Bupati Kendal Dico Ganindito di urutan ke-3 dan Ketua DPD Gerindra Jateng Sudaryono pada posisi ke-4.

Berikut ini hasil survey yang dilaksanakan oleh Lembaga ARCHI Research and Strategy pada saat itu, yaitu Hendi (23,21 persen), KH Muhammad Yusuf Chudlori - Ketua DPW PKB Jateng (16,07 persen), Dico (13,39 persen), Sudaryono (10,71 persen), Taj Yasin Maimoen - Mantan Wakil Gubernur Jateng (7,14 persen), Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul - Anggota DPR RI (6,25 persen), dan Sudirman Said - Mantan Menteri ESDM (5,36 persen).

Apakah saat ini elektabilitas para calon Jateng 1 itu masih seperti itu? Nampaknya sulit dipastikan. Hal itu dikarenakan interaksi para calon dengan masyarakat bisa sangat berpengaruh terhadap dukungan mereka.

Tidak dipungkiri, sosialisasi Dico dan Sudaryono yang sangat aktif lewat baliho semakin moncer dan cukup menyita perhatian warga Jateng. Langkah pengenalan tersebut membuat masyarakat mencari tahu siapa dua politisi muda itu.

Sedangkan hingga saat ini Hendi belum tampak akan maju pada Pilkada tahun ini. Hal itu tentu membuat masyarakat bertanya-tanya, seperti yang disampaikan Usman (43 tahun).

"Hendi ini bakal nyalon Gubernur Jateng atau tidak? Kok nggak ada baliho-nya?" ucap warga Semarang itu pada Benhil, Senin, 12 Mei 2024.

Menurut Usman, kalau tidak ada sosialisasi, calon lain bisa mencuri perhatian.

"Itu patut disayangkan, soalnya warga Semarang sebenarnya ingin memilih gubernur yang dulu menjabat sebagai walikota-nya," ucapnya.

Hingga artikel ini ditulis belum ada peryataan resmi dari Hendi tentang penyalonannya di Pilkada mendatang.

Gandeng Presenter Kondang

Langkah pasti untuk pencalonan Jateng 1 telah dilakukan Sudaryono dan Dico. Keduanya tampak antusias menjaring pemilih muda dan nasionalis lewat pesan yang disampaikan lewat gambar mereka di berbagai jalan utama.

Sudaryono yang partai-nya berhasil di Pilpres (pemilihan presiden) 2024 tidak menyia-nyiakan momen itu dengan menampilkan kedekatannya dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto (yang merupakan Ketua Umum Gerindra).

Dico yang mewakili generasi milenial tidak mau kalah. Dia menggandeng presenter kondang Raffi Ahmad untuk maju sebagai calon Gubernur dan calon wakil gubernur Jateng. 

Munculnya nama Raffi sebagai selebriti nasional di ajang kontestasi politik daerah tentu membuat peta dukungan pada masing-masing calon menjadi semakin semarak. Hal itu disampaikan oleh Erni (32 tahun).

"Pilkada Jateng jadi ramai karena ada politisi senior, yunior, dan juga selebriti," ujarnya.

Jika Hendi tidak segera memanfaatkan popularitas survey-nya, kemungkinan besar akan berpengaruh pada elektabilitasnya. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form