Arti Burung Masuk Rumah Menurut Primbon, Pertanda Baik dan Buruk yang Wajib Diketahui

Burung Gereja

Burung merupakan salah satu hewan yang sering kita jumpai, dan tak jarang burung-burung ini masuk ke dalam rumah. 

Menurut budaya masyarakat Jawa, kedatangan burung ke rumah diartikan memiliki pesan tersembunyi yang penting. 

Berbagai jenis burung yang masuk rumah ini diyakini membawa pertanda, mulai dari yang baik hingga yang buruk.

Meskipun zaman sudah modern, mitos mengenai burung yang masuk rumah masih dipercaya oleh sebagian orang. Pengetahuan mengenai arti burung yang masuk rumah ini bisa dilihat pada buku Primbon Mujarobat. 

Berikut adalah penjelasan detail mengenai arti burung masuk rumah berdasarkan jenis-jenis burung yang sering masuk ke dalam rumah.


Jenis-jenis burung dan artinya menurut primbon

1. Burung Gereja
   - Pertanda Baik
Burung gereja adalah jenis burung yang paling sering masuk rumah. Menurut Primbon Jawa, burung gereja yang masuk rumah menandakan bahwa pemilik rumah akan kedatangan tamu yang membawa kabar baik. Tamu tersebut bisa jadi membawa rezeki atau kabar gembira yang dinantikan oleh penghuni rumah.

2. Burung Sriti
   - Pertanda Buruk
Burung Sriti, atau burung layang-layang, memiliki bentuk mirip dengan burung walet. Masuknya burung ini ke dalam rumah menurut Primbon Mujarobat menandakan hal buruk. Pemilik rumah mungkin akan mengalami tipu daya atau pencurian, yang biasanya dilakukan oleh orang terdekat seperti teman, keluarga, atau tetangga.

3. Burung Walet
   - Pertanda Rezeki
Burung walet sering ditemukan di sekitar persawahan atau lahan luas. Ketika burung ini masuk rumah, itu adalah tanda bahwa pemilik rumah akan mendapat rezeki besar dalam waktu dekat. Rezeki ini bisa datang dari sumber yang tidak terduga.

4. Burung Merpati
   - Pertanda Cinta
Burung merpati yang masuk rumah menandakan kabar baik terkait cinta atau jodoh bagi penghuni rumah. Jika tidak berkaitan langsung dengan penghuni, bisa jadi ini adalah tanda bahwa mereka akan menerima undangan pernikahan dari kerabat atau teman.


5. Burung Hantu
   - Pertanda Buruk
Burung hantu membawa pertanda buruk. Masuknya burung hantu ke rumah bisa menjadi tanda bahwa salah satu penghuni akan mengalami kejadian menyedihkan. Untuk menghindari ramalan buruk ini, burung hantu yang masuk rumah sebaiknya segera diusir.

6. Burung Perkutut
   - Pertanda Baik atau Buruk 
Burung perkutut bisa berarti kabar baik atau buruk, tergantung pada kecocokannya dengan pemilik rumah dan jenis perkutut yang masuk. 

Beberapa jenis perkutut membawa keberuntungan, sementara yang lain bisa membawa kesengsaraan. Jika burung tersebut tidak cocok dengan penghuni rumah, biasanya ia akan hilang atau lepas dari sangkarnya.

7. Burung Pipit
   - Pertanda Tamu Istimewa
Burung pipit yang masuk atau berkicau di sekitar rumah menandakan akan datangnya tamu yang istimewa. 

Tamu ini bisa jadi seseorang yang dirindukan, orang yang sangat berarti, atau orang yang membawa kabar baik.

Terlepas dari berbagai arti yang disampaikan oleh Primbon, kepercayaan terhadap mitos ini sangat bervariasi. 

Ada orang yang sangat mempercayainya dan merasa terbantu dengan adanya panduan tersebut, namun ada juga yang menganggapnya sebagai takhayul belaka. 

Keputusan untuk mempercayai atau tidak, sepenuhnya kembali kepada individu masing-masing.

Pengetahuan ini dapat memberikan wawasan tambahan dan mungkin menjadi bahan obrolan menarik, namun sebaiknya tetap disikapi dengan bijak.

Apa pun pandangan Anda, yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah agar selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk ditinggali. [Benhil Online]
Previous Post Next Post

Contact Form