Clint Eastwood Bikin Film Pada Usia 93 Tahun, Bagaimana Potensinya?

Clint Eastwood

Aktor dan sineas legendaris Clint Eastwood masih bersemangat untuk menyutradarai film di usianya yang sudah mencapai 93 tahun. Bagaimana potensi kualitas film tersebut?

Film besutan sineas gaek yang mulai beken sejak tahun 1960'an dengan film bergenre koboi spagheti itu sudah jaminan bagus, namun di usianya yang sudah sangat senja, masyarakat film dan terutama penggemarnya sedikit sangsi, apakah Clint Eastwood masih kampiun.

Bintang Hollywood yang telah meraih 4 Oscar itu sebenarnya sudah beberapa kali menyatakan pensiun, yakni setiap selesai mengerjakan film sejak Unforgiven (1992) hingga filmnya yang terakhir Cry Macho. Namun dia melupakan pernyataannya dan membuat film lagi.

Clint Eastwood

Film terbaru yang disutradarai Eastwood bertajuk Juror #2. Film ini bercerita tentang dilema yang dihadapi oleh seorang juri pengadilan (diperankan Nicholas Hoult) yang akan memutuskan untuk menghukum atau membebaskan pembunuh yang salah.

Dilihat dari jajaran pemerannya, Juror #2 punya peluang bagus. Aktor yang berperan sebagai juri sudah dikenal oleh penggemar film sejak kanak-kanak dengan film About a Boy (2002) bersama Hugh Grant. Beranjak dewasa Nicholas Hoult mendapat peran kecil yang istimewa pada film Mad Max: Fury Road (2015) dan seri X-Men. Pemeran lainnya adalah pemenang Oscar J.K. Simmons, Toni Collette, Kiefer Sutherland, dan beberapa nama baru di kancah Hollywood.

Skenario film dipegang oleh penulis baru Jonathan Abrams. Sinematografi Yves Bélanger yang juga terlibat pada film Dallas Buyers Club (2013).

Bukan Tema Baru

Menurut Benhil, film dengan tema Juror #2 sudah beberapa kali dibuat oleh sineas Hollywood, di antaranya adalah film legendaris 12 Angry Men (1957), The Juror (1996) yang diperankan Demi Moore dan Alec Baldwin, dan Runaway Jury (2003) yang diambil dari novel karya John Grisham.

Namun terlalu dini kalau menyebutkan kelemahan film terakhir besutan Clint Eastwood tersebut.

Sutradara yang saat menjadi aktor dikenal dengan karakter Dirty Harry Calahan itu sebenarnya sangat piawai menyulap film dengan tema biasa menjadi luar biasa dan kental dengan sentuhan kemanusiaan. Itu sudah terbukti dengan film-nya tentang tinju (Million Dollar Baby) dan Trauma Pembunuhan (Mystic River).

Semoga Juror #2 bisa menyamai film-film terbaik dari Clint Eastwood. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form