Toserba Legendaris Semarang Tong Hien Tinggal Kenangan

Tong Hien

Kabar tidak mengenakan datang dari Kota Lumpia Semarang. Toserba (Toko Serba Ada) legendaris di kota itu yang bernama Tong Hien akan segera menutup gerai-nya.

Kabar itu didapatkan setelah Media Benhil melihat secara langsung ke dalam toko dan mendapati hampir sebagian besar rak-rak yang berjajar di dalam tidak berisi barang dagangan.

Saat Benhil menanyakan keadaan itu, pihak pegawai toko memastikan kalau toko akan berhenti beroperasi.

"Toko akan tutup dan rencana akan dijual," ujar pegawai toko yang enggan disebutkan namanya itu pada Senin, 22 Januari 2024.

Pegawai tersebut tidak mengetahui siapa yang akan membeli, apakah akan mempertahankan nama Tong Hien yang sudah menjadi legenda, dan akan dijadikan apa area toserba itu ke depannya.

"Kurang tahu dengan hal-hal itu, mas," ucapnya.

Dia berharap nasib pekerjaan dia dan rekan-rekannya bisa lebih baik ke depannya.

Terbakar 2015

Sebagai toserba legendaris yang menjadi tempat belanja favorit masyarakat Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Tong Hien menyediakan segala kebutuhan dari foto copy, peralatan sekolah, kebutuhan dapur, hingga makanan.

Toserba yang pernah terbakar pada tahun 2015 itu mengalami puncak kejayaannya pada tahun 1980'an dan 1990'an. Ajik (43 tahun) menceritakan pengalamannya masa kecil saat belanja di toko itu.

"Awal tahun 1990'an, saya sering diajak orang tua belanja ke Tong Hien yang sangat lengkap," ujar pria yang tinggal di daerah Papandayan itu.

Ajik menuturkan saat itu sangat jarang toserba di Semarang.

Mengenai kapan pertama kali Tong Hien beroperasi, pria yang bekerja sebagai ojol (ojek online) itu tidak bisa menjelaskan dengan detail.

"Almarhum nenek saya juga bercerita kalau dulu dia sering belanja ke Tong Hien. Berarti sekitar tahun 1960'an, toserba itu sudah berdiri," ucapnya.

Satu lagi situs legendaris Semarang menutup buku setelah menyerah dengan gerai-gerai modern lain. Terima kasih atas pelayanan kepada masyarakat Tong Hien. [Benhil]



Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form