Ini Pemain Sepak Bola Pencipta Diving, Bagaimana dengan Messi?

Klinsmann

Sebuah postingan di media sosial (medsos) menceritakan tentang pemain sepak bola pertama yang menciptakan diving. Netizen berkomentar bagaimana sikap Lionel Messi terhadap teknik itu.  

Diving adalah teknik tipuan dalam permainan sepak bola berupa berpura-pura menjatuhkan diri saat bersenggolan dengan pemain lawan. Teknik ini digunakan agar pemain mendapat hadiah dari wasit berupa tendangan bebas atau penalti.

Ternyata diving belum lama digunakan oleh para pemain sepak bola. Teknik ini mulai dikenal awal tahun 1990'an dan kadang masih dipakai sampai sekarang.

Sebuah akun medsos bernama Tuna Karya mengunggah video yand diberi judul dan caption Inilah Pemain yang Menciptakan Diving. Video berdurasi 35 detik itu diunggah pada 23 Desember 2023 dan sudah mendapat tanggapan lebih dari 5000 kali.

Dalam video tersebut diceritakan yang pertama melakukan teknik tipuan itu adalah pemain Jerman Barat bernama Jurgen Klinsmann. Kala itu Jerman masih dibagi 2 wilayah, yakni Jerman Barat dan Jerman Timur. 


Pemain bernomor punggung 18 itu melakukan diving saat tim-nya melawan timnas Argentina pada laga final Piala Dunia 1990. Pada adegan itu tampak kalau Klinsmann menjatuhkan diri saat tersenggol salah satu pemain lawan.

Wasit yang belum paham dengan teknik itu langsung memberikan kartu merah pada pemain Argentina tersebut. Pemain tim tango itu tampak keheranan dengan insiden itu karena dia merasa benturannya dengan Klinsmann tidak keras sama sekali.

Apakah Messi Juga Diving?

Postingan tersebut mendapat banyak komentar netizen yang salah satunya menyoal sikap pemain yang dianggap terbaik sepanjang masa Lionel Messi terhadap teknik diving itu.

'Kalau Messi disenggol pun tetap lari mengejar bola dan tidak akan menjatuhkan diri. Dia jarang jatuh di lapangan dan kemudian ngemis penalti,' tulis seorang netizen.

Banyak juga komentar yang tidak sependapat dengan postingan tersebut.

'Sejak tahun 90'an sudah banyak diving. Pemain Italia paling jago,' tulis netizen itu.

'Yang menciptakan diving adalah Johan Cruyff [pemain Belanda] saat piala dunia 1974 Belanda lawan Jerman Barat. Dia dapat pinalti saat pura-pura jatuh,' tulis yang lain.

'Dua pemain jago diving Neymar dan C. Ronaldo,' tulis yang lain menambahkan.

Nyatanya pemain terbaik tidak suka dengan teknik kotor. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form