7 Perilaku Orang yang Tidak Bahagia, Salah Satunya Suka Belanja

Gadis Sedih

Ternyata orang yang tidak bahagia terlihat dari perilakunya. Padahal syarat untuk bahagia menurut seorang ahli teknologi sangat sederhana dan gratis.

Meski berusaha menutupi kondisinya, orang yang tidak bahagia akan berperilaku ganjil yang mudah terlihat. Semakin berusaha menutupi, maka akan semakin terlihat 

kesedihan atau ketidakpuasannya pada kehidupan ini.

Dilansir dari Hack Spirit, berikut ini 7 hal yang sering dilakukan oleh orang yang tidak bahagia, yaitu:

1. Tidak Punya Motivasi

Motivasi yang selalu membuat kita bersemangat untuk bangun pagi dan menjalani kehidupan disebut ikigai. Tanpa ikigai, akan terasa hampa dalam menjalani hidup. Orang yang nyaman dirudung kesedihan biasanya tidak memiliki ikigai.

2. Menghindari Masalah dan Meminta Bantuan

Orang yang tidak bahagia biasanya akan berpaling dari masalah atau kenyataan dan melarikan diri ke dunia khayalan atau berandai-andai. Mereka juga tidak bisa mandiri dan mudah meminta bantuan atau merepotkan orang lain.

3. Sulit Fokus

Orang yang sulit melihat keindahan dunia cenderung sulit untuk fokus atau perhatiannya sering teralihkan ke berbagai hal. Jika kebiasaan itu semakin membuat hidup mereka runyam, biasanya mereka menyalahkan keadaan yang tidak berpihak pada mereka.

4. Menarik Diri dan Mengisolasi Diri

Jika seseorang menarik diri dan mengisolasi diri dari kehidupan sosial bisa jadi karena dia sedang tidak bahagia. Padahal perilaku tersebut justru membuat suasana hatinya jadi semakin nestapa karena tidak bisa mengkomunikasikan masalahnya pada orang lain.

5. Mengganti Kebahagiaan Sejati dengan Belanja

Sudah bukan rahasia umum kalau orang yang sangat tidak bahagia cenderung sering belanja. Kecenderungan itu bukan karena taraf ekonomi mereka bagus, tapi karena depresi atau ketidakbahagiaan dapat berdampak besar pada tingkat konsumerisme seseorang.

6. Didorong Rasa Iri, Bukan Inspirasi

Mereka yang hidupnya bermasalah untuk meraih suatu pencapaian biasanya lebih didorong oleh rasa iri, bukan inspirasi. Rasa iri tersebut membuat mereka tidak mau dikalahkan oleh orang lain sehingga membuat mereka harus lebih baik daripada yang lain. Pencapaian yang didorong inspirasi akan memberikan kebahagiaan, tapi jika didorong oleh rasa iri hanya akan menimbulkan rasa was-was semata. 

7. Banyak Menghela Nafas

Coba perhatikan orang di sekitar Anda yang suka menghela napas berat, biasanya mereka mudah mengeluh dan hidupnya jauh dari rasa bahagia.

Jika orang terdekat Anda atau bahkan Anda sendiri mengalami beberapa ciri dari 7 perilaku itu, maka perlu segera mencari solusi agar bisa melihat sisi menarik dalam kehidupan ini 

Bahagia Menurut Steve Jobs

Menurut ahli teknologi, kebahagiaan itu sangat sederhana dan gratis, yaitu jalan kaki. Sangking terinspirasinya dengan olah raga ringan itu, Steve sering melakukan rapat penting dengan berjalan kaki.

Pencipta merk Apple Inc. itu lebih yakin bahwa jalan kaki lebih membawa kebahagiaan dari pada berwisata. Saat berwisata (yang paling menyenangkan sekalipun) pasti akan menemui hal yang menjengkelkan, seperti pesawat tertunda, bagasi yang tertinggal, pegawai hotel yang tidak ramah, dan masih banyak lagi.

Tentu saja selain jalan kaki masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk membangkitkan rasa bahagia secara sederhana, antara lain, selalu tersenyum atau tertawa, mudah bersyukur, dan banyak bergaul. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form