Nasi Timbel dan Colenak, Bandung Kuliner Khas Kota Kembang

  

Nasi timbel



Kota Bandung tidak saja terkenal sebagai kota mode, tetapi juga, banyak kuliner khas kota kembang ini yang patut Anda coba ketika berkunjung ke sana. Salah satunya adalah Nasi Timbel.

Nasi Timbel Bandung adalah rekomendasi kuliner khas kota kembang. 

Nasi Timbel Bandung ini terbuat dari olahan nasi putih panas yang dibungkus dengan daun pisang dan ditambah bermacam lauk-pauk juga sambal sebagai pelengkapnya. 

Nasi Timbel Bandung ini sangat cocok untuk makan siang.

Baca juga: Hasil Penelitian: Kopi Bisa Beri Efek Kecerdasan Unik

Untuk cemilan, Anda bisa dengan mudah mendapatkan Colenak. Kuliner khas Bandung ini merupakan kepanjangan dari “Cocol Enak”. Dikutip dari Indonesia.go.id, Colenak sudah dikenal sejak 1930-an.

Makanan ini terbuat dari olahan peuyeum yang dibakar lalu disiram dengan gula merah kental serta toping parutan kelapa diatasnya. 

Rasa asam dari peuyeum dan manis dari gula merah kental akan bercampur menjadi satu ketika digigit.

Sebelum meninggalkan Bandung, penting untuk beli oleh-oleh khas kota ini: Peuyeum!

Peuyeum adalah sejenis tape, hanya saja Peuyeum cenderung kering, berbeda dengan tape yang biasanya mengandung banyak air. Peuyeum terbuat dari bahan baku singkong.

Baca juga: Candi Steak Semarang, Sajikan Daging Asli dan Harga Bersahabat

Proses pembuatannya diawali dengan mengukus singkong hingga matang, kemudian didinginkan untuk ditaburi ragi dan disimpan ke dalam wadah tertutup sekitar 2-3 hari. 

Rasanya manis dan empuk saat digigit. Makanan khas Bandung ini juga bisa digoreng layaknya pisang goreng lalu diberi topping keju atau coklat. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form