PKS Tolak Kaesang Pimpin Depok, Warga Ingin Perubahan

Kaesang Pangarep

Wakil Ketua Dewan Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid menolak wacana Kaesang Pangarep ikut serta Pemilihan Walikota (Pilwalkot) Depok. Namun warga Depok menginginkan penyegaran kepemimpinan, yakni bukan dari PKS lagi.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu digadang-gadang memimpin Depok dengan beredarnya spanduk bertuliskan, "Saatnya Kota Depok Dipimpin Anak Muda. Kami Mendukung Kaesang Menjadi Wali Kota Depok 2024."

Namun, Hidayat Nur Wahid (HNW) dari PKS tidak sependapat dengan isi spanduk tersebut. Pada Rabu, 30 Mei 2023, Wakil Ketua MPR RI dengan heran menyatakan, PKS tidak punya rencana untuk mencalonkan Kaesang karena bukan orang Depok, bukan dari PKS, dan tidak punya rekam jejak di Depok. 

HNW mengira Kaesang pasti bingung dengan wacana dirinya memimpin Depok. Seharusnya, menurut HNW, wilayah Kaesang adalah kota asalnya Solo, atau yang terdekat, seperti Klaten, Sidoarjo, dan Boyolali.

Biarkan Rakyat Depok Pilih Pemimpinnya

Pernyataan politisi PKS itu tentu saja mendapat tanggapan ramai para netizen. Kebanyakan mereka menganggap lucu sikap partai berlambang bulan sabit dan padi itu.

'[Hi]Dayat sudah tampak ketakutan,' tulis seorang netizen.

'Yang pilih rakyat Depok, jadi biarkan rakyat yg menentukan pemimpin kotanya,' tulis yang lain. 

'Warga Depok sudah jenuh. Dari dulu nggak ada perubahan positif. Berharap Kaesang membuat perubahan,' netizen lain menuliskan.

Seorang influencer media sosial menyatakan kalau Kaesang sendiri belum tentu bersedia untuk maju di Pilwalkot Depok. Namun sikap PKS itu justru akan menjadi menarik apa bila suami Erina Gudono itu dengan serta merta menerima dukungan yang tertulis di spanduk itu. 

Golkar Siap Dukung Kaesang

Wacana Kaesang Pangarep memimpin Depok tersebut direspon oleh Golkar yang termasuk partai besar di Tanah Air. 

Dukungan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Depok Farrabi El Fouz pada Jumat, 26 Mei 2023. Dia menyatakan, santernya isu pencalonan adik Gibran Rakabuming Raka itu sebagai wali kota Depok dipicu oleh ketidakpuasan masyarakat pada pemerintahan di Depok saat ini. 

Lebih lajut, Farrabi mengatakan, warga sangat membutuhkan pemimpin yang bisa memberikan dampak baik bagi daerah. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form