Google Perkenalkan Passkeys, Bikin Akun Anda Sulit Dibobol

 

Google Perkenalkan Passkeys






Passkey adalah jenis faktor autentikasi yang relatif lebih baru yang menggunakan data biometrik atau token perangkat keras untuk memverifikasi identitas pengguna. 

Tidak seperti kata sandi, yang rentan terhadap peretasan dan serangan phishing, kunci sandi lebih aman dan nyaman digunakan.

Passkey lebih sulit untuk dibobol karena membutuhkan objek fisik atau fitur biometrik untuk mengautentikasi pengguna, dan lebih tahan terhadap serangan phishing. 

Dengan kunci sandi, pengguna dapat mengautentikasi diri mereka sendiri tanpa harus mengingat kata sandi yang rumit, menjadikannya cara yang lebih mudah dan aman untuk mengakses akun mereka.

Dengan semakin seringnya terjadi pembobolan keamanan, Google telah menambahkan lapisan keamanan ekstra pada Akun, dan ini hadir dalam bentuk kunci sandi.

Baca juga: Sadar Nggak, Hari Ini Ada Fitur Baru di Laman Pencarian Google

Kunci sandi dapat menggunakan Sensor Sidik Jari dan Buka Kunci Wajah

Untuk mengatur kunci sandi, seperti dikutip Benhil dari Gizmochina, pengguna harus masuk ke pengaturan Akun Google mereka karena kunci sandi tidak diaktifkan secara default. 

Administrator akun Google Workspace juga akan segera memiliki opsi untuk mengaktifkan kunci sandi bagi pengguna akhir mereka selama proses masuk. 

Dengan kunci sandi, pengguna dapat menikmati pengalaman masuk tanpa kata sandi yang lebih nyaman dan aman dibandingkan dengan apa pun yang ditawarkan Akun Google saat ini. 

Karena sebagian besar ponsel pintar saat ini dilengkapi dengan sensor sidik jari atau dukungan penguncian wajah, hampir semua orang dapat menggunakan fitur keamanan baru ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Passkey lebih aman daripada kata sandi karena membutuhkan objek fisik atau fitur biometrik untuk mengotentikasi pengguna, membuatnya tahan terhadap serangan online, termasuk phishing.

Baca juga: Google Pixel Watch Dipasarkan di Laman Google

Google kini telah meluncurkan dukungan untuk passkey di seluruh Akun Google di semua platform utama, termasuk Android dan iOS. 

Meskipun kunci sandi tidak akan menggantikan opsi masuk yang ada saat ini, pengguna dapat memanfaatkan opsi tambahan ini. 

Baru-baru ini, Google telah meluncurkan fitur-fitur perlindungan privasi baru pada layanannya. 


Sebagai contoh, Gmail baru saja mengimplementasikan Tanda Centang Biru untuk memperkuat profil privasinya, yang akan membantu pengguna mengenali akun yang otentik.

Previous Post Next Post

Contact Form