6 Momen Kocak Ngenes Sea Games 2023, Juara Disorot Lampu Mobil

Bendera Indonesia Terbalik

Beredar video yang kumpulan kejadian lucu dan mengenaskan di Sea Games 2023 yang diselenggarakan di Kamboja saat ini. Salah satunya lampu penerangan menggunakan lampu mobil.

Ternyata negara yang tampaknya solid dan makmur seperti Kamboja masih kedodoran untuk melaksanakan perhelatan yang tarafnya masih regional seperti Sea Games yang diperuntukan bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Di jaman teknologi informasi yang sudah maju saat ini, setiap orang dengan mudah merekam kejadian-kejadian itu dan mengirimkannya di media sosial sehingga bisa dilihat oleh masyarakat dunia.


Nyatanya, kejadian lucu tersebut tidak hanya sekali saja, melainkan 6 kali dan bisa saja masih ada lagi karena event tersebut masih berlangsung.

Berikut ini 6 kejadian lucu dan mengenaskan di Sea Games 2023 yang diambil dari video tersebut, yaitu:

1. Tiang Bendera Diganti Tiang Orang

Umumnya setelah pertandingan bendera juara ditarik ke atas sambil diperdengarkan lagu kebangsaan negara yang menjadi juara. Namun di Sea Games Kamboja ini, terlihat tiang bendera dipegang oleh 3 orang dengan posisi juara 1 paling atas, kemudian disusul juara 2, dan juara 3. 

2. Pakai Lampu Mobil untuk Pencahayaan Podium Juara

Panitia perhelatan dua tahunan itu Tidak mempersiapkan lampu untuk pencahayaan di malam hari. Sebagai gantinya, mereka menggunakan lampu mobil untuk menyorot juara yang berdiri di podium. 

3. Bendera Indonesia Terbalik

Saat upacara pembukaan, penari yang membawa bendera Indonesia memegangnya secara terbalik. Video tersebut viral di media sosial dan netizen menertawakan kejadian itu dengan berkomentar kalau Polandia (yang terletak di Eropa dan bendera negaranya berwarna putih merah) ikut Sea Games 2023 di Kamboja.

4. Bendera Miring Saat Momen Penganugerahan

Insiden itu terjadi karena penarikan bendera tidak bersamaan antara sebelah kanan dan kiri, sehingga posisi bendera juara tidak seimbang atau lebih tinggi sebelah kiri.

5. Kursi Plastik di Ruang Ganti Atlet

Meskipun lingkupnya regional, namun kejuaraan Sea Games mengundang banyak tamu dan atlet yang sebagian bertara internasional (seperti atlet badminton dan sepak bola). 

Untuk tamu istimewa seperti itu panitia Sea Games 2023 menyediakan beberapa kursi plastik di ruang ganti, yang harganya sekitar Rp 50.000,-. Kalau di Indonesia kursi tersebut biasanya digunakan untuk acara kondangan di kampung atau rapat RT. 

6. Kamar Tidur Atlet Bocor

Dalam video tampak penginapan atlet bocor dan lantai kamar tergenang air. Bagaimana atlet bisa istirahat dengan kondisi seperti itu? Sungguh menyedihkan sekali.

Ternyata kondisi memprihatinkan dari Sea Games 2023 di Kamboja itu membuat kita mengerti kalau negara kita jauh lebih baik saat menyelanggarakan pesta olahraga, baik PON tingkat nasional, Sea Games dan bahkan Asian Games 2018 tingkat Asia yang sukses besar.

Tarkam

Kejadian lucu dari video tersebut mengundang netizen untuk berkomentar kocak di media sosial.

'Seagames tarkam,' tulis seorang netizen. Tarkam singkatan antar kampung.

'Resiko diselenggarakan di negara berkembang,' tulis yang lain.

'Kalo merasa belum siap, mending angkat tangan saja,' yang lainnya menuliskan. 

'Jauh lebih mending bangsa kita saat jadi tuan rumah,' tulis netizen lain.

Kesimpulan yang bisa diambil dari rekaman itu adalah tidak semua negara mampu menyelenggarakan perhelatan besar. Jadi keberhasilan negara kita saat menjadi tuan rumah patut diapresiasi. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form