5 Alasan Pilih Franchise Kuliner Punya Nama Besar

Mie Gacoan

Usaha kuliner masih menjadi favorit bagi pengusaha, baik itu dikerjakan sendiri atau sistem kerja sama alias franchise. Berikut ini 5 alasan pengusaha perlu memilih franchise yang sudah punya nama.

Sudah punya nama atau brand di sini artinya usaha kuliner tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas dan termasuk berhasil menjalankan usahanya dalam jangka waktu lebih dari 3 tahun.

Sebenarnya bukan hanya untuk kuliner saja, nama besar di bidang perhotelan juga seringkali sangat menentukan kelancaran usaha itu, terutama pada 5-10 tahun pertama setelah dibuka. 

Itu sebabnya banyak hotel yang awalnya memakai nama terkenal kemudian setelah mendapat pangsa pasar atau langganan, akan berganti nama (yang tidak terkenal).

Nama besar umumnya sangat menentukan kelancaran bisnis makanan dengan sistem franchise atau waralaba. Tentu saja investor perlu merogoh kocek sangat dalam untuk kerja sama tersebut.

Berikut Benhil mengumpulkan dari berbagai sumber, 5 alasan untuk memilih franchise yang sudah punya nama, yaitu: 

1. Pembeli Sudah Familiar

Orang yang mencari makan biasanya malas untuk mencoba-coba tempat baru karena bisa beresiko kecewa, baik dalam hal rasa atau harga. Daripada bingung mencari tempat makan, mereka biasanya langsung menuju tempat kuliner yang sudah dikenal.

2. Kualitas Terjamin

Gerai ayam goreng yang sudah punya nama biasanya langsung ramai diserbu pembeli daripada gerai serupa yang namanya belum dikenal. Hal itu wajar karena pembeli sudah punya bayangan di benak mereka akan kualitas barang atau ayam goreng yang akan mereka beli.

3. Harga Standar

Sebagian besar orang yang makan di luar rumah akan memperkirakan berapa uang yang akan dia belanjakan nantinya. Harga makanan di warung terkenal relatif sudah standar dan mudah diingat oleh pembeli. Sedangkan harga kuliner di warung baru cenderung fluktuatif dan dinamis karena menyesuaikan omzet yang belum pasti.  

4. Resiko Rugi Kecil

Semua usaha punya potensi untuk mengalami kerugian, baik besar atau kecil. Memilih waralaba kuliner yang sudah punya brand bisa meminimalisir resiko rugi karena omzet penjualan sudah aman sejak awal buka usaha. Pengelola hanya perlu mempertahankan cita rasa masakan dan pelayanan sehingga pembeli akan selalu datang ke warungnya.  

5. Bisa Dibanggakan

Memiliki waralaba yang sudah punya nama akan membanggakan pengusaha karena menjadi buah bibir bagi banyak orang sebagai sebuah simbol keberhasilan.

Ke-5 alasan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pengusaha ketika memulai usahanya. [Benhil]

 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form