Waspada Penipuan Melalui GMail, Dapat Menghabiskan Banyak Uang

 

Gmail

Para penipu yang menyamar sebagai karyawan Google sekali lagi muncul di internet, menargetkan pengguna yang tidak menaruh curiga dengan penipuan Gmail.

Umpannya? Notifikasi email palsu yang memberitahukan pengguna bahwa mereka telah memenangkan hadiah karena telah menjadi penelusur ke-18,25 miliar di platform mesin pencari raksasa ini.

Baris subjek email berbunyi "Program Hadiah Online," dan membujuk pengguna untuk mengklik sebuah tautan untuk mengklaim hadiah mereka.

Tautan Mengarahkan Pengguna ke Situs Web Phishing Palsu

Sangat mudah untuk melihat bagaimana orang bisa terjebak dalam penipuan ini. Lagipula, siapa yang tidak ingin memenangkan hadiah? 

Namun, penting untuk dicatat bahwa Google tidak memberikan hadiah kepada pengguna karena menggunakan mesin pencarinya.

Baca juga: Microsoft Phone Link Kini Tersedia di Perangkat iOS

Tautan yang disertakan dalam email akan membawa pengguna ke situs web phishing palsu yang menipu mereka untuk memberikan data pribadi dan kredensial mereka, membuat mereka rentan terhadap pencurian identitas dan penipuan keuangan.

Penipuan ini bukanlah hal baru dan telah beredar selama beberapa waktu. 

Fakta bahwa hal ini masih lazim menunjukkan bahwa penjahat siber masih mampu menipu orang. 

Di dunia maya di mana begitu banyak informasi pribadi yang tersedia secara online, semakin penting untuk waspada terhadap pesan yang kita terima dan tautan yang kita klik.

Penipuan ini seperti dikutip dari Gizmochina, telah mendorong Google untuk mengeluarkan peringatan kepada para penggunanya, mendesak mereka untuk berhati-hati saat menjelajahi web dan menandai apa pun yang mencurigakan. 

Baca juga: SpaceX Milik Elon Musk Tingkatkan Potensi Saingannya dengan Meluncurkan Satelit 5G Bersejarah

Ini bukan pertama kalinya Google harus mengeluarkan peringatan seperti itu, dan kemungkinan besar tidak akan menjadi yang terakhir.

Cara terbaik untuk menghindari menjadi korban penipuan seperti ini adalah dengan bersikap skeptis terhadap pesan atau email apa pun yang mengklaim bahwa Anda telah memenangkan hadiah atau meminta informasi pribadi Anda. Selalu verifikasi keaslian email dan pengirimnya sebelum mengklik tautan apa pun atau memasukkan data apa pun.

Ingat, jika sesuatu terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang benar. Tapi, tetaplah waspada! [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form