Kontroversi Kedatangan Timnas Israel, Netizen: Apa Salahnya?

Piala Dunia U-20

Kabar penolakan kedatangan timnas Israel pada ajang Piala Dunia U-20 masih menghangat. Banyak netizen yang mempertanyakan apa salah Israel hingga dimusuhi seperti itu?

Pihak yang menolak itu adalah PA (persaudaraan alumni) 212 yang mengancam akan memblokade bandara agar timnas Israel tidak bisa masuk ke negara kita. MUI (majelis ulama Indonesia) juga bersikap serupa, yang disampaikan oleh ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional, Sudarnoto Abdul Hakim yang menyatakan semua ormas (organisasi masyarakat) Islam menolak kedatangan timnas Israel.

Alasan mereka yang menolak adalah karena Israel telah menjajah Palestina puluhan tahun (tepatnya setelah perang dunia ke-2).

Banyak netizen yang mempertanyakan hubungan alasan tersebut dengan negara kita. Indonesia sama sekali tidak terdampak atas konflik antara Israel dan Palestina.

'Israel tidak pernah menjajah kita dan berbuat jahat pada kita. Kenalpun tidak. Tapi kenapa dimusuhi?' Tulis seorang netizen.

'Urusan Israel dan Palestina adalah urusan dua negara itu. Kenapa mau ikut-ikutan.' tulis yang lain.

Ada yang berkomentar menyangkut perwakilan Palestina di Indonesia.

'Dubes [duta besar] Palestina sudah sering mengkritik orang Indonesia yang suka mengumpulkan donasi atas nama Palestina tapi hasil donasi tidak pernah dibawa ke Palestina,' tulis netizen itu.      

Dubes Bersikap Bijak

Bahkan, Dubes Palestina Zuhair Al Shun memilih bersikap bijaksana menanggapi kontroversi tersebut. Hal itu sebenarnya bisa menjadi tolak ukur bagi pihak-pihak yang menolak kedatangan timnas Israel dalam bersikap.

Al Shun menyatakan bahwa kedatangan timnas Israel ke Piala Dunia U-20 adalah atas undangan FIFA (Federation Internationale de Football Association). Kapasitas Indonesia pada perhelatan tersebut adalah sebagai tuan rumah.

Palestina, imbuhnya, selalu menghormati dan tidak akan mengintervensi keputusan masing-masing negara. 

Lepas dari kontroversi itu, posisi sebagai tuan rumah adalah keputusan prestisius yang dipercayakan bagi negara kita dan tidak semua negara dianggap mampu mengembannya. Mari kita sukseskan perhelatan Piala Dunia U-20 di negara kita tercinta ini. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form