Kabar Baik, Berikut Ini 12 Passive Income yang Bebas Pajak

Pajak

Ada banyak cara untuk meraih passive income atau penghasilan pasif, namun kebanyakan penghasilan itu dikenakan pajak. Berikut ini 12 penghasilan jenis itu yang bebas pajak.

Passive income adalah penghasilan yang bisa didapat tanpa mengupayakannya atau tanpa bekerja. Beberapa dari penghasilan pasif berbentuk investasi.

Sebagai sebuah penghasilan dan investasi, tentu saja passive income tidak luput dari pajak. Namun ada juga yang tidak kena pajak dan hal itu menjadi kabar baik bagi investor atau penanam modal.

Dilansir dari aol.com, berikut ini 12 passive income yang tidak kena pajak, yaitu:

1. Obligasi Negara Bagian yang Bebas Pajak

Obligasi ini tersedia di negara Amerika Serikat (AS) di mana Penduduk negara bagian tempat obligasi itu terbit diberi keringanan pajak. 

2. Warisan

Di AS terdapat 6 negara bagian yang mengenakan pajak pada warisan, dan selebihnya (44 negara bagian) membebaskannya.

3. Asuransi Jiwa

Jika Anda adalah penerima manfaat dari polis asuransi jiwa, maka hasil yang nantinya dibayarkan kepada Anda akan bebas dari pajak penghasilan. Ini berlaku bahkan jika polis yang akan Anda terima sangat besar, seperti $1 juta atau lebih. 

4. Klaim Cacat

Pada beberapa kasus, klaim kecacatan termasuk penghasilan kena pajak. Namun, jika telah membayar seluruh premi asuransi kesehatan atau kecelakaan, maka klaim cacat yang diterima akan bebas pajak.

5. Hadiah

Hadiah bisa dikenakan pajak bagi pemberi apabila melebihi tingkat pengecualian pajak hadiah tahunan, yakni sebesar $17.000 per orang (peraturan tahun 2023). Namun, secara umum penerima hadiah tidak perlu membayar pajak.

6. Tunjangan

Hingga 2019, tunjangan merupakan penghasilan kena pajak. Tapi sejak 2020, tunjangan dinyatakan bebas pajak.

7. Tunjangan anak

Di AS, tunjangan anak termasuk penghasilan yang tidak bisa dikenakan pajak, baik pada pembayar dan juga penerima.

8. Tunjangan Pensiun

Tunjangan pensiun di AS akan bebas pajak apabila pihak pembayar telah melakukan pembayaran secara lancar selama 5 tahun dan berusia sekitar 60 tahun. Bahkan bunga dan modal dari tunjangan tersebut juga tidak akan dikenakan pajak.

9. Pembayaran Mitigasi Bencana

Pembayaran mitigasi bencana yang diberikan pemerintah kepada korban bencana alam juga termasuk penghasilan bebas pajak.

10. Penggantian Biaya Adopsi yang Memenuhi Syarat

Setiap orang yang mengeluarkan biaya adopsi yang telah memenuhi syarat akan mendapat biaya penggantian yang bebas pajak. Selain itu, orang tersebut juga mendapat pembayaran bantuan adopsi dari dinas sosial.

11. Pengembalian Tabungan Kesehatan

Pengembalian tabungan kesehatan adalah pendanaan yang termasuk tidak akan dikenakan pajak.

12. Penghasilan di Negara Tanpa Pajak Penghasilan

Di AS terdapat 8 negara bagian yang tidak mengenakan pajak penghasilan, yaitu Alaska, South Dakota, Nevada, Florida, Texas, Wyoming, Washington, dan Tennessee. Jadi jika Anda bekerja di sana, penghasilan Anda akan bebas pajak.

Passive Income Bebas Pajak di Tanah Air.

Di Indonesia juga terdapat beberapa investasi berbentuk passive income atau penghasilan pasif yang bebas pajak, satu di antaranya adalah usaha kos-kosan. Usaha jenis ini termasuk paling diminati oleh investor Tanah Air.

Pemilik usaha kos-kosan di Yogyakarta, Agus (59 tahun) menyatakan kalau dia hanya membayar PBB (pajak bumi dan bangunan) saja.

"Pajak PBB saja yang saya bayar, selain itu tidak ada," ujar pemilik kos-kosan 10 kamar itu kepada Benhil, Jumat, 3 Maret 2023.

Agus menuturkan, semoga tidak ada pajak tambahan karena PBB yang harus dibayarkannya sudah termasuk mahal. [Benhil]


 

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form