Buntut Rafael Alun, Banyak Surat Edaran Dilarang Pamer

Dilarang Hedonisme

Pejabat institusi Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo (RAT) menjadi sorotan setelah viral video penganiayaan dan pamer harta yang dilakukan oleh anaknya, Mario Dandy Satrio. Buntut dari kasus itu muncul surat edaran larangan hedonisme atau pamer dari sejumlah instansi. 

Pamer harta ala Mario menguak fakta kalau RAT punya kekayaan dan transaksi janggal sampai ratusan miliar rupiah. RAT sendiri telah dicopot dari jabatannya akibat kasus tersebut.

Tidak hanya itu, beberapa pejabat Bea dan Cukai, yang berada di bawah Kementerian Keuangan, juga terkena imbasnya karena memiliki kekayaan yang janggal. Di antara pejabat tersebut adalah mantan Kepala Kantor Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto dan Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono.

Dilarang Hedonisme

Sebagai antisipasi atau tidak ingin terkena imbas dari kasus RAT, beberapa instansi melayangkan surat edaran dilarang pamer atau hedonisme bagi para karyawannya. Beberapa instansi tersebut adalah BUMN (badan usaha milik negara).

BUMN yang melayangkan surat dilarang pamer adalah PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia), PT PLN (perusahaan Listrik Negara), dan Kementerian Perhubungan Laut.

Berikut ini surat edaran dari PT Pelindo;

Pelindo

Berikut ini dari PT PLN;

PLN

Berikut ini dari Kementerian Perhubungan Laut; 

Perhubungan Laut


Sesama Pencuri Melindungi

Kemunculan surat dilarang pamer tersebut mendapat tanggapan beragam dari netizen.

'Sesama pencuri saling melindungi dan mengingatkan,' tulis seorang netizen.

'Makanya jangan suka pamer, nanti keliatan kalau korupsi,' tulis yang lain.

Ada juga netizen yang menyindir dengan surat yang muncul dengan nada sama tersebut.

'Satu gagap, yang lain juga ikut gagap,' tulisnya. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form