Meta Mulai Kenakan Biaya untuk Pengguna Tanda Centang Biru di Facebook dan Instagram

Meta


Twitter meluncurkan layanan langganannya, Twitter Blue, pada Desember 2020. Layanan ini mendapat reaksi beragam dari massa.

Dalam langkah serupa, Meta, perusahaan induk Facebook, telah meluncurkan layanan langganan baru bernama Meta Verified. 

Layanan ini menawarkan kepada pengguna tanda centang biru di akun Instagram dan Facebook mereka dan harus pelanggan harus membayar $15 per bulan.

Layanan ini dihargai $11,99 per bulan di web atau $14,99 di iOS Apple dan akan memungkinkan pengguna untuk memverifikasi identitas mereka menggunakan kartu ID yang dikeluarkan pemerintah.

Meta lebih lanjut menyatakan bahwa layanan berlangganan juga akan menawarkan peningkatan visibilitas dan jangkauan, meningkatkan perlindungan terhadap serangan peniruan identitas dan memberi pelanggan akses langsung ke dukungan pelanggan.

Baca juga: Meta Perkenalkan Enkripsi End-to-End dan Fitur Lainnya di Messenger

CEO Meta, Mark Zuckerberg menjelaskan bahwa layanan berlangganan adalah tentang peningkatan keaslian dan keamanan di seluruh layanan kami.

Layanan baru ini akan diluncurkan di Selandia Baru dan Australia minggu ini dan akan segera diperluas ke lebih banyak negara. Meta secara tradisional memilih untuk tidak membebankan biaya kepada pelanggannya untuk sebagian besar layanannya selama lebih dari 15 tahun sejak didirikan.

Namun, pendapatan perusahaan menurun dalam beberapa tahun terakhir menyusul keputusan Apple untuk memperkenalkan perubahan privasi yang ketat di iOS.

Langkah tersebut mengurangi kemampuan perusahaan sosial untuk melacak aktivitas internet pengguna, dan Meta telah memperkirakan bahwa perusahaan akan menelan biaya lebih dari $10 miliar dalam pendapatan iklan yang hilang pada tahun 2022.

Dengan peluncuran Meta Verified, perusahaan ingin menerapkan rencananya untuk membangun penawaran langganan yang berharga bagi seluruh basis penggunanya.

Baca juga: Setiap Hari, Dua Miliar Orang di Dunia Gunakan Facebook

Centang biru sebelumnya diperuntukkan bagi publik figur seperti selebritis, atlit olahraga, dan jurnalis. Namun, layanan langganan Meta bertujuan untuk memperluas akses ke verifikasi, sehingga pengguna benar-benar dapat mempercayai akun asli.

Pengumuman tersebut mengikuti peluncuran layanan berlangganan Snap sendiri pada tahun 2022, yang dilaporkan telah mengubah lebih dari satu juta pengguna menjadi pelanggan berbayar.

Seperti disebutkan sebelumnya, Elon Musk juga mengubah layanan langganan Twitter untuk menawarkan berbagai fitur tambahan, termasuk tanda centang biru.

Mengingat ambisi Meta, perusahaan menghadapi respons pasar yang keras terhadap visi metaverse-nya. Itu telah berjanji untuk mengurangi pengeluarannya untuk proyek-proyek metaverse dan dilaporkan sedang merencanakan putaran PHK lainnya segera.

Terlepas dari tantangan ini, saham Meta telah pulih dalam beberapa minggu terakhir, menunjukkan bahwa perusahaan tetap tangguh. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form