Manfaat Tempe untuk Ternak Murai Batu

 

Tempe


Mungkin diantara pecinta burung banyak yang belum tahu bahwa tempe sangat bermanfaat untuk ternak murai batu.

Selama ini mungkin Anda mengalami masalah telur burung murai batu tidak menetas semua. Ada telur yang kosong, ada juga telur murai yang tidak bisa menetas.

Hal tersebut tentunya cukup membuat penangkar murai pusing tujuh keliling. Namun tenang saja sekarang ada solusinya yaitu tempe.

Kalau masih pertama beternak burung biasanya kendala yang dialami memang salah satunya yaitu telur tidak menetas. 

     • Gurah Daun Salam Bisa Atasi Suara Serak Lovebird

Meski begitu solusinya sekarang sudah ditemukan yaitu makanan yang bergizi dalam hal ini burung murai batu terutama indukannya harus diberi makanan yang bergizi.

Pemberian makanan bergizi mulai dilakukan sejak kawin, mengeram, hingga bertelur. Makanan bergizi yang dimaksud adalah tempe.

Tempe kaya akan protein sehingga cukup untuk membantu memperkuat perkembangan cangkang telur.

Telur burung murai akan menjadi lebih kuat dan sehat bila indukan mengkonsumsi tempe sehingga anakannya yang masih di dalam telur juga bisa tumbuh sehat.

Dengan pemberian tempe, telur burung menjadi ini dan tidak kosong lagi.

     • Ramuan Tradisional untuk Murai Agar Gacor Tanpa Efek Samping

Dikutip dari kanal Youtube @majalah lovebird pemberian tempe ke murai batu tidak boleh dilakukan secara langsung tetapi melalui media lain seperti jangkrik.

Jangkrik diberi makan tempe mentah. Tapi sebelumnya jangkrik sudah di karantina agar mau makan tempe.

Setelah makan tempe, besoknya jangkrik tersebut diberikan ke indukan murai batu nanti telur burung murai batu akan menetas semua. Perkembangan telur menjadi lebih sehat dan kuat.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam 100 gram tempe dan tempat kandungan gizi sebagai berikut karbohidrat 9,1 gram, serat 1,4 gram, natrium 7 mili gram, energi sebesar 150 kalori, fosfor 202 mili gram, protein 14 gram, lemak 7,7 gram, dan kalsium 517 mili gram.

Adapun tujuan diberikannya tempe pada murai batu agar pertumbuhan anakan burung lebih sehat dan kuat sehingga telur burung bisa menetas. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form