Kronologi Sejarah 5 Juta Tahun Manusia ala Yuval Noah Harari

Homosapien

Bagi yang penasaran dengan buku laris atau best seller Sapiens: Sejarah Singkat Umat Manusia karya Yuval Noah Harari, berikut ini kronologi singkat sejarah umat manusia menurut buku yang terbit tahun 2014 tersebut.

Namun artikel ini hanya berisi gambaran singkat saja dari buku tersebut. Anda disarankan untuk membaca buku karya sejarawan di Universitas Ibrani Israel itu yang tentu saja jauh lebih bernas.

Nyatanya, dari buku yang ditulis Harari tersebut pengetahuan kita tentang homo sapiens (manusia purba yang cerdas) kurang dari 1% saja, yakni saat manusia mulai mengembangkan cara berkomunikasi. 

Berikut ini kronologi sejarah manusia menurut buku Yuval Noah Harari yang disimpulkan dari bukunya, yaitu:

1. Sekitar 6.000.000 tahun lalu terjadi kegemparan di keluarga kera, di mana salah satu jenis dari mereka ada yang memilih mencari makan di permukaan tanah, tidak bergelantungan di pohon lagi.

2. Kira-kira 3.000.000 tahun lalu jenis kera yang mencari makan di tanah tadi mulai berjalan dengan 2 kaki yang sekarang kita sebut dengan nama Homo.

3. Sekitar 200.000 tahun lalu kera jenis Homo itu semakin banyak dan memakai alat dari batu dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis homo terdapat 2 golongan paling terkenal, yakni Neanderthals yang jago berburu dan Homosapien yang cerdas. Homosapiens mengembangkan komunikasi dan berhasil menaklukan api (yang awalnya dari petir) yang sangat berguna bagi kehidupan mereka. 

3. Penggunaan api untuk mengolah makanan oleh homosapien membuat otak mereka berkembang pesat daripada jenis lain seperti Neanderthal. Lambat laun spesies sapien lebih dominan dan mampu menguasai cara mengolah tanah. Itulah yang dinamakan era revolusi pertanian.

4. Sekitar 8.000 tahun lalu para homosapien sangat memuja api (yang datangnya dari langit) dan mulai menciptakan agama dengan meyakini kekuasaan para Tuhan yang berada di langit. 

5. Sekitar 6.000 tahun lalu para spesies homosapien itu saling berebut untuk menjadi yang paling dominan sehingga mereka mengelompokan diri dan membentuk perkampungan agar bisa saling melindungi.

6. Sekitar 5.000 tahun lalu setiap perkampungan homosapien itu menjadi semakin besar dan membentuk semacam kerajaan yang fungsinya untuk melindungi setiap kelompok dan untuk menyerang kelompok lain.

7. Sekitar 4.000 tahun lalu kerajaan-kerajaan homosapien itu memilih bergabung menjadi imperium pertama dalam sejarah manusia yang disebut peradaban Sumeria kuno atau Mesopotamia. Pada masa itu ilmu pengetahuan berkembang pesat, antara lain; tulisan, angka, penanggalan dan waktu yang sebagian besar masih dipakai hingga sekarang. 

8. Sekitar 3.000 tahun lalu homosapien atau peradaban manusia mulai mampu mengolah tembaga yang digunakan sebagai senjata dan alat pertanian. Hal itu yang memicu munculnya imperium-imperium dan kerajaan-kerajaan besar seperti : Mesir, Yunani, Cina, Babilonia, dan lain-lain. Era itu disebut jaman perunggu.

9. Sekitar 2.000 tahun lalu manusia mulai mampu mengolah besi yang ternyata jauh lebih baik dan lebih kuat daripada perunggu. Hal itu menyebabkan kerajaan-kerajaan itu semakin besar dan kuat. Untuk melegitimasi raja tunggal, agama-agama juga berevolusi dengan konsep penguasa langit atau Tuhan yang tunggal. Era itu disebut sebagai jaman besi.

10. Sekitar 1.000 tahun lalu peradaban manusia mulai berpikir logis dan seni. Mereka mempelajari pemikiran filsafat, matematika, teologi, kimia, menciptakan pengobatan, dan mengembangkan ilmu kedokteran.

11. Sekitar 500 tahun lalu setelah menguasai ilmu pengetahuan, manusia mulaih paham kalau bumi itu bulat. Mereka mencoba mencari dan menaklukan daerah baru di dunia.

12. Sekitar 300 tahun lalu peradaban manusia mulai menciptakan revolusi Industri dengan diciptakannya mesin-mesin yang memudahkan kerja mereka. 

Homosapien era Victoria

13. Sekitar 200 tahun lalu era imporium di dunia mulai berkurang dengan adanya perubahan sistem ekonomi dan pemerintahan. Kerajaan yang dikuasai oleh raja berganti menjadi dikuasai oleh rakyat, sehingga muncul negara republik dan demokrasi. Sedangkan sistem ekonomi juga berubah menjadi sistem perbankan dan ekonomi kapitalis yang bisa mendukung sektor industri.

14. Sekitar 100 tahun lalu terjadi perang dunia manusia yang pertama yang mengorbankan nyawa puluhan juta orang. Meski menjadi sejarah kemanusiaan terburuk, perang tersebut memicu manusia menemukan teknologi nuklir dan penerbangan.

Homosapien era PD II

15. Peradaban manusia berkembang pesat dalam hal ilmu pengetahuan, terbukti sekitar 50 tahun lalu, teknokrat yang bergabung pada masa perang dunia I dan II memberanikan diri menjelajah ke luar angkasa, termasuk ke bulan. Dari penjelajahan itu manusia menjadi paham kalau alam semesta ini sangat luas dan homosapien hanya spesies biasa. Manusia mulai mengerti kalau mereka cuma spesies yang menghuni di sebuah batu kecil bernama bumi yang bergantung pada bintang bernama Matahari. Sedangkan di alam semesta ini terdapat triliunan bintang serupa Matahari.

16, Pada 10 tahun ini homosapien mulai melakukan era revolusi baru, yakni revolusi penjelajahan ke luar angkasa,

Manusia Imigrasi ke Planet Lain

Dari kronologi tersebut diketahui ternyata manusia baru menguasai bumi ini sekitar 10.000 tahun yang lalu. Simak juga gambar perjalanan peradaban homosapien yang dibuat oleh AI (artificial intelegent). [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form