Ini Tindakan Jika Melihat Sarang Tawon di Rumah Anda

Eksekusi Tawon

Tawon atau lebah seringkali membuat sarang di sekitar rumah penduduk atau daerah pemukiman. Dalam beberapa hari, sarangnya bisa langsung menjadi besar.

Sebenarnya terdapat beberapa jenis tawon yang sering kita jumpai, di antaranya adalah tawon madu dan tawon vespa tropica.

Tawon Vespa Tropica

Tawon madu berkumpul di satu pohon untuk kemudian menyebar dan membantu penyerbukan tanaman. Jadi tawon madu sangat berguna bagi kehidupan umat manusia.

Sedangkan tawon vespa tropica bentuknya mirip tawon endas. Tawon jenis ini termasuk yang sengatannya sangat berbahaya.

Jika melihat sarang tawon di sekitar rumah kita, beberapa orang menyarankan mengusir dan menghancurkan sarangnya dengan cara membakarnya dari bawah.

Namun, apabila Anda ragu-ragu atau terlalu beresiko, masih ada cara lain yang jauh lebih efektif. Apa itu? Anda hanya perlu menelepon petugas damkar (pemadam kebakaran).

Anda bisa mencari di internet nomor telepon damkar di kota Anda. Nomor tersebut termasuk nomor telepon darurat yang siap siaga selama 24 jam.

Meskipun namanya petugas damkar, namun bagian yang menangani eksekusi sarang tawon berbeda dengan bagian yang menangani kebakaran, terutama kendaraannya.

Petugas yang menangani kebakaran akan membawa truk pemadam kebakaran berwarna merah. Sedangkan petugas yang menangani sarang tawon akan mengendarai minibus. Mereka sama-sama terdiri dari 4-7 orang petugas. 

Mereka bekerja dengan cekatan dan profesional saat mengeksekusi tawon beserta sarangnya, tanpa rasa was-was atau takut disengat oleh tawon. Hanya dalam lima menit, tugas mereka sudah selesai.

Lalu, berapa biaya untuk memanggil petugas damkar yang menangani tawon? Jangan khawatir. masyarakat tidak dikenakan biaya untuk memanggil damkar alias gratis. 

Anda hanya perlu menyiapkan tabung elpiji (ada isinya) yang gas-nya digunakan untuk menyemprotkan api di sarang tawon.

Eksekusi Malam Hari

Oh ya, waktu yang tepat untuk mengeksekusi sarang tawon adalah malam hari karena saat itu tawon sedang berada di sarangnya. Hal itu disampaikan oleh Agus (35 tahun) salah satu petugas damkar.

"saat siang hari, tawon sedang berada di luar sarang. Kalau kita eksekusi sarangnya, nanti mereka kembali membuat sarang lagi. Kalau malam hari, sarang dan tawon di dalam sarang akan ikut tereksekusi," ujarnya kepada Benhil pada Rabu, 15 Februari 2023.

Kinerja petugas damkar juga mendapat apresiasi dari warga yang kebetulan rumahnya terdapat sarang tawon.

"Mereka bekerja cepat dan efektif. Tanpa ada tawon yang lepas, mengejar keluarga saya," kata Imam (40 tahun). [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form