Terapi Mandi Air Hujan Bisa Bikin Lovebird Ngekek Panjang Rajin Bunyi

Lovebird

 

Ternyata tetapi mandi air hujan bisa bikin burung lovebird ngekek panjang dan rajin bunyi. Namun hal ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Anda harus berhati-hati karena tipe hujan berbeda-beda tiap waktunya.

Jika hujan turun dengan deras, ini kurang baik untuk lovebird (Agapornis). Karena, burung yang berasal dari Afrika dan Madagaskar ini mempunyai bulu yang tidak terlalu tebal. Bila terkena air, bulunya mudah basah. Jadi bila hujannya lebat kasihan burungnya bisa kedinginan.

Berbeda jika hujannya rintik-rintik, bulu burung tidak akan terlalu basah. Lovebird sendiri akan merasa nyaman karena seperti digelitik tubuhnya.

Burung yang stress akan segera sembuh dan ceria lagi. Pada dasarnya burung suka hujan tapi khusus hujan rintik-rintik saja.

Selain itu, terapi mandi hujan dapat dilakukan hanya di pagi hari karena airnya masih bersih dan segar.

     • Baca juga: Cara Meningkatkan Kekuatan Nafas, Vokal, dan Mental Lovebird

Lama waktu untuk terapi mandi air hujan seekor lovebird cukup 10-15 menit saja karena, burung ini tergolong hewan yang bertubuh kecil dan sedang. Jika berlama-lama, burung Anda akan kedinginan.

Selain itu, bila terapi mandi hujan dilakukan terlalu lama, tidak akan ada manfaat atau efeknya untuk burung kesayangan Anda.

Selain itu kemungkinan burung akan sakit justru semakin besar. Oleh karena itu lakukan terapi mandi hujan sebentar saja dan bisa melakukannya tiga hari sekali atau seminggu sekali.

Untuk melakukan terapi mandi air hujan ini, waktu terbaiknya adalah pagi hari mulai jam 06.00 - 10 pagi. 

Untuk wilayah pedesaan yang udaranya segar sampai jam 10.00 pagi masih bagus, tapi untuk wilayah perkotaan mandi air hujan dilakukan maksimal jam 8 pagi saja.

     • Baca juga: Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Alasannya karena hujan di waktu agak siang sudah tercampur polusi, asap-asap kendaraan, pabrik dan polutan lainnya, sehingga tidak bagus untuk terapi lovebird.

Sebelum lovebird menjalani terapi mandi air hujan pastikan dulu burung tersebut dalam keadaan sehat.

Selain itu lovebird juga harus tipikal yang suka mandi. Sebab ada juga lovebird yang tidak suka mandi.

Bila anda memaksa lovebird memandikannya dengan air hujan tentu akan membuatnya tidak nyaman. Berbeda bila lovebird cenderung suka mandi pasti dia juga suka hujan-hujanan.

Untuk burung yang mau bermain hujan cari tempat yang gampang dan atasnya langsung langit saja.Jadi lokasi yang cocok untuk terapi ini adalah, taman teras depan, samping atau belakang rumah.

Pastikan tempatnya di atas papan atau paving, agar cipratan hujan yang terkena tanah, tidak mengenai burung.

     • Baca juga: Tips Perawatan Harian Perkutut Agar Rajin Bunyi

Tembok sangkar dilepas dulu bahkan makanan dan minuman dikeluarkan dari sangkar, kemudian kurungan diletakkan di atas permukaan tanah bukan digantung. Biarkan burung menikmati hujan sebentar dan lihat reaksinya.

Bila burung sudah tidak nyaman segera angkat dan angin-anginkan atau hangatkan di dekat lampu.

Berikut manfaat terapi mandi air hujan yang dikutip Benhil dari kanal YouTube @Majalah Lovebird

1. Lovebird ngekek panjang

2. Burung lovebird tidak stres

3. Lovebird nagen satu titik di tangkringan

4. Lovebird lebih anteng

5. Lovebird rajin bunyi

Apakah terapi ini bisa digantikan dengan semprotan sprayer? Tentu saja bisa, tetapi air hujan mempunyai khasiat lebih baik ketimbang air kran biasa.

Jadi mumpung musim hujan lebih baik Anda menggunakan terapi mandi air hujan saja.

     • Baca juga: Penyebab Perkutut Tidak Mau Bunyi dan Cara Mengatasinya

Nanti kalau sudah musim kemarau, Anda bisa menggunakan semprotan untuk menciptakan sensasi rintik hujan. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form