Mitos Burung Puter (The Eurasian Collared Dove) Bunyi di Malam Hari

Burung Puter

 

Burung puter memiliki keistimewaan tersendiri sehingga banyak yang menjadikannya sebagai peliharaan di rumah.

Namun tahukah Anda mitos burung puter bunyi malam hari itu pertanda apa banyak?

Penggemar burung puter, unggas dengan nama ilmiah Streptopelia decaocto banyak di berbagai daerah Indonesia karena burung ini bisa dijadikan sebagai alarm alami.

Burung ini akan berbunyi pada waktu-waktu tertentu misalnya tiap seperempat jam sekali. sebagian orang menganggap bahwa burung tersebut mudah dijinakkan dan suara anggungannya bisa memberikan rasa damai dan tentram.

Burung puter atau biasa disebut dengan Dederuk Jawa merupakan burung yang mudah kita jumpai di berbagai daerah di Jawa dan Bali, termasuk di Filipina dan Timor Leste. Sedangkan untuk di Kalimantan dan Sulawesi belum ditemukan adanya spesies burung ini.

Untuk mengenali burung puter Anda bisa melihatnya dari bulu yang berwarna coklat klasik ataupun merah bata.

     • Baca juga: Ini Lima Perawatan Burung Kenari Sebelum Kawin

Beberapa spesies memiliki motif khas warna hitam mengelilingi lehernya yang menyerupai kalung ada juga yang berbulu putih dengan sebutan burung puter albino.

Berikut ini mitos burung puter dengan nama asing The Eurasian collared dove, jika bunyi di malam hari yang dikutip dari kanal YouTube @Majalah Lovebird

1. Tanda-tanda kesialan 

Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa burung puter bisa membawa malapetaka bagi yang memeliharanya, apalagi ketika burung tersebut sering berkicau di malam hari saja.

Kicau di malam hari dianggap menyerukan kesialan bagi penghuni rumah. Konon katanya masyarakat yang mendengar kicauan burung puter tersebut bisa mendapatkan malapetaka di rumahnya.

Dengan alasan tersebut beberapa masyarakat yang percaya harus melepaskan burung puter jika selalu berkicau di malam hari.

2. Media yang paling ideal untuk pesugihan

Istilah pesugihan sudah pasti familiar bagi siapa saja di Indonesia bahkan ajaran yang menyimpang ini banyak dilakukan oleh sejumlah orang.

Tak heran jika mitos burung puter bunyi malam hari dianggap sebagai ritual untuk melakukan pesugihan.

     • Baca juga: Manfaat Minyak Ikan untuk Murai Batu

Pesugihannya sendiri memiliki tujuan yang berbeda-beda seperti mencari jodoh, kekayaan atau ingin mendapatkan karir yang cemerlang.

Pada dasarnya pesugihan merupakan perbuatan yang menyimpang karena telah menyekutukan Allah. Tapi sedikit banyak korban jiwa dari ritual yang menyimpang ini karena dijadikan sebagai media terbaik untuk melakukan ritual.

3. Penolak santet atau ilmu hitam 

Selain untuk ritual pesugihan mitos burung puter bunyi malam hari yakni bisa menolak santet dan ilmu hitam yang menyerang kamu.

Pasalnya, masyarakat sudah mempercayai burung tersebut dan dianggap lebih manjur daripada hewan atau media lain sebagai penolak balanya.

Makhluk gaib yang dikirimkan ke seorang korban akan melakukan tugasnya terlebih dahulu dengan memantau targetnya jika kondisinya memungkinkan maka akan segera menyerang. 

Sedangkan jika ada burung puter di rumahnya, burung tersebut akan menjadi korban dari serangan santet atau makhluk gaib.

4. Sedang ada makhluk gaib 

Mitos burung puter bunyi malam hari cukup beragam. Ada juga yang menyebutkan sebagai pertanda sedang ada makhluk gaib di sekitar rumah.

      • Baca juga: Tips Perawatan Harian Perkutut Agar Rajin Bunyi

Sebagaimana yang sudah diketahui bersama, beberapa hewan memang memiliki ketajaman indra yang berbeda dengan manusia.

Dengan begitu tak heran jika banyak orang yang mengaitkan mitos tersebut dengan hal-hal gaib yang menyeramkan apalagi jika suara di malam harinya itu disertai dengan perilaku aneh yang ditunjukkan burung puter.

5. Membawa suasana kerukunan 

Selain mitos yang cukup menyeramkan, burung yang menyukai biji-bijian ini memiliki mitos yang unik.

Bagi masyarakat Jawa kuno burung ini sangat berarti apalagi jika mempercayai mitos-mitosnya termasuk sebagai pembawa suasana kerukunan.

Mitos sebagai pembawa suasana kerukunan cukup populer karena dianggap lebih baik dan bisa membawa kedamaian.

Suasana yang tercipta dari suara merdunya itu bisa dijadikan tuan rumah akur, tentram, dan rukun dengan anggota keluarga lainnya.

6. Memberikan keselamatan bagi pemiliknya 

Tak sedikit orang yang tiba-tiba memelihara burung puter setelah mengetahui mitos hewan ini bunyi malam hari yang bisa memberikan keselamatan.

     • Baca juga: Penyebab Perkutut Tidak Mau Bunyi dan Cara Mengatasinya

Bahkan, orang yang merawatnya dengan baik bisa terlindungi dari marabahaya di kehidupannya sehari-hari. 

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, burung puter akan melindungi pemiliknya dari orang yang berniat jahat seperti pencurian, perampokan, atau kejahatan lainnya.

7. Pembawa keberuntungan dan rezeki

Mitos burung puter bunyi malam hari dipercaya akan memberikan keberuntungan bagi pemiliknya.

Mitos yang berkembangnya pun hingga bisa memperlancar urusan seperti pekerjaan ataupun percintaan.

Tak heran jika pada akhirnya tetap saja burung puter ini menjadi primadona yang sangat diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia.

8. Bisa mendatangkan kekayaan yang sangat melimpah 

Mitos yang beredar di masyarakat menyebutkan siapa saja yang memelihara burung puter-putih maka akan mendapatkan kekayaan melimpah.

Sekujur tubuhnya berbulu putih karena albino memiliki kharisma yang kuat dan langka sehingga dipercaya bisa mendatangkan kekayaan.

     • Baca juga: Kucica Ekor Kuning, Burung Kesayangan Sultan Iskandar Muda

Selain itu, burung puter dianggap sebagai peliharaan yang sangat setia kepada pemiliknya bahkan sekalipun sangkarnya dibuka maka burung ini tidak akan kabur dari pemiliknya.

Apakah Anda tertarik untuk memelihara burung ini apalagi setelah mengetahui mitosnya?

Percaya atau tidak mitos hanyalah mitos yang kebenarannya sulit untuk dibuktikan secara ilmiah.

Hanya Tuhan-lah yang maha menentukan untuk semua hal yang terjadi dalam hidup. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form