Layanan Sewa Skuter Listrik 'Hello Mobility' Mulai Beroperasi di Jepang

Layanan Sewa Skuter Listrik Hello Mobility


Pada 23 Desember 2022, perusahaan Jepang OpenStreet secara resmi memulai layanan persewaan skuter listrik, kendaraan terbarunya di jalanan Tokyo, yang disebut Hello Mobility.

Layanan ini merupakan upaya kerja sama antara OpenStreet dan Gachaco yang didukung oleh Softbank, dan memanfaatkan stasiun pertukaran baterai Gachaco dan skuter listrik Honda Benly e, yang dilengkapi dengan top box untuk kenyamanan pengendara.

Dikutip dari Rideapart, Gachaco adalah konsorsium baterai kendaraan listrik yang dibentuk oleh empat besar pabrikan sepeda motor Jepang yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha, bersama dengan perusahaan perminyakan Jepang ENEOS.

Pada awal Desember 2022 lalu, perusahaan membuka dua stasiun penggantian baterai pendahuluan pertamanya di Jepang.

          • Baca juga: Honda Hadirkan CB 1300 Edisi Ulang Tahun ke-30 di Jepang

Platform kendaraan bersama Hello Mobility, seperti yang direncanakan OpenStreet dan Gachaco saat ini, akan terdiri dari stasiun skuter EV, stasiun pertukaran baterai kendaraan Gachaco, dan tentu saja aplikasi smartphone. 

Langkah-langkah yang diuraikan untuk penggunaan stasiun skuter Hello Mobility EV termasuk memesan skuter EV Anda di stasiun skuter Hello Mobility tertentu, mengambilnya, menukar baterai di stasiun Gachaco sesuai kebutuhan, dan mengembalikan skuter ke stasiun skuter Hello Mobility mana pun setelah Anda selesai menyewanya.

Harga sewa skuter listrik direncanakan mulai dari 160 yen (sekitar $1,20 pada saat penulisan) untuk penggunaan selama 15 menit.

Belum jelas apakah ini tarif perkenalan, atau apakah akan ada tarif diskon yang tersedia jika Anda tahu kamu akan perlu menggunakan skuter untuk waktu yang lebih lama, tetapi ini juga masih awal untuk peluncuran Hello Mobility.

          • Baca juga: Tujuan Utama Program Leasing Eksperimental Yamaha E01 di Jepang

Jadi, seperti semua hal, kemungkinan akan berkembang untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan dan operator.

Di stasiun penukaran baterai Gachaco, pengguna terdaftar dan resmi dapat mengakses penukaran baterai dengan kartu IC praktis mereka, yang mudah dipasang di gantungan kunci.

Sesampai di sana, mereka dapat mengambil baterai yang habis, menyambungkannya ke ruang terbuka, dan mengeluarkan baterai yang baru diisi untuk digunakan dalam waktu yang relatif singkat.

OpenStreet menilai Hello Mobility sebagai layanan yang bermanfaat, baik dalam hal mobilitas jangka pendek untuk komuter perkotaan, maupun aktivitas perusahaan dan penjualan di perkotaan.

          • Baca juga: Genesis GV60 Mobil Listrik Pertama di Eropa dengan Teknologi Pengenalan Wajah

Sebagai permulaan, perusahaan akan menawarkan layanan di wilayah Jonan di Tokyo, yang meliputi bangsal Meguro, Minato, Ota, Setagaya, Shibuya, dan Shinagawa.

Rencananya, perusahaan tersebut akan melakukan ekspansi tambahan di masa mendatang, tetapi informasi lebih lanjut tentang mereka belum disampaikan.

Jika Anda berada di Jepang, nama Hello Mobility mungkin terdengar asing karena OpenStreet juga merupakan perusahaan di balik platform berbagi sepeda besar bernama serupa, Hello Cycling.

Akankah pengguna mengadopsi Hello Mobility ke dalam kehidupan mereka semudah Hello Cycling? Seperti banyak hal lainnya, kita harus menunggu dan melihat. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form