Alasan Tawaran Seru Ojol, Dulu Gojek dan Grab, Kini AirAsia

Ojek Online

 

 Setiap muncul ojol (ojek online) baru akan selalu disertai tawaran menarik dan seru. Tak ayal, hal itu membuat khalayak tertarik untuk mendaftar.

Sejak pertama muncul, ojol menjadi magnet bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan, baik sebagai sambilan atau pekerjaan utama. Waktu kerja yang fleksibel (dikerjakan saat mitra sudah siap menerima order) dirasa menarik.

Saat perekrutan mitra, perusahaan transportasi berbasis aplikasi itu selalu dibanjiri masyarakat. Semakin menarik iming-iming yang ditawarkan perusahaan ojol, semakin banyak yang tertarik untuk bergabung.

Berikut ini tawaran menarik pada awal perekrutan ojol yang dikumpulkan situs berita Benhil dari berbagai sumber, yaitu: 

1. Gojek memberi Rp 50.000,- setiap menyelesaikan 5 orderan.

Saat perekrutan Gojek, mitra dipastikan akan mendapat bonus uang tunai (yang dikirim lewat aplikasi) setelah menyelesaikan 5 orderan. Awalnya, penghasilan driver Gojek betul-betul luar biasa. Mereka bisa mendapatkan Rp 500 ribu perhari.

Namun seiring waktu, bonus tersebut dihilangkan, sehingga pendapatan driver Gojek saat ini hanya berdasarkan orderan saja. 

Bahkan akhir Desember 2022, sistem lonjakan tarif ditiadakan. Padahal lonjakan itu sangat diharapkan apabila lalu lintas macet atau hujan deras.

"Tadi malam hujan deras sampai banjir, tapi tidak ada lonjakan tarif," ujar Susno (45 tahun) yang biasa mengambil order di Semarang. 

2. Uber kasih Rp 29 ribu setiap hari saat mulai ambil pesanan.

Awalnya, Uber (yang kini bergabung dengan Grab) memberikan mitra Rp 29 ribu setiap mitra mulai siap mengambil orderan. Uang itu menjadi penyemangat para driver untuk bergabung. Seperti juga ojol lain, tidak berapa lama kemudian bonus itu juga dihilangkan. 

3. ShopeeFood menguasai order food atau pesan makanan.

Munculnya ojol ShopeeFood membuat banyak ojol atau non ojol yang tertarik untuk bergabung. ShopeeFood yang khusus melayani pesan makanan ini diyakini menguasai order food di setiap tempat.

Selain itu, pihak Shopee memberi kesempatan ojol lain (Gojek, Grab, Maxim, dan lain-lain) untuk bergabung karena dirasa lebih memiliki pengalaman daripada yang bukan ojol.

4. Indriver bisa menetapkan tarif dan driver yang dikehendaki.

Aplikasi ini disetting agar bisa menetapkan tarif dan driver yang dikehendaki oleh customer. 

5. Maxim tawarkan tarif murah dan banyak order.

Ojol dari Rusia ini menawarkan tarif paling murah pada customer sehingga akan membuat customer tertarik. Untuk selanjutnya mereka akan berlangganan Maxim dan memberikan order yang berlimpah pada mitra. 

6. Air Asia menjanjikan pendapatan sekitar Rp 10 juta perbulan dan direkrut menjadi pegawai tetap.

Ojol dari Malaysia ini memberikan tawaran paling spektakuler, yaitu pendapatan sekitar Rp 10 juta perbulan dan akan direkrut sebagai pegawai tetap.

Hal itu disampaikan oleh Regional CEO AirAsia Ride Lim Chiew Shan. 

"Ya, pengemudi Indonesia akan mendapatkan skema kerja yang sama," ujar Lim pada konferensi pers secara virtual, pertengahan September 2022.

Iming-Iming Awal

Bagi mereka yang sudah lama menjadi ojol, tawaran seru saat perekrutan itu bukan hal yang istimewa. Semua ojol baru akan menjanjikan hal itu.

"Itu sudah biasa, perusahaan baru memberi tawaran menarik di awal. Ke depannya kita lihat saja nanti," ujar Rudi (40 tahun), driver yang sudah bergabung dengan Grab sejak 2016. 

Benhil mencoba mencari tahu alasan tawaran menarik dari ojol baru tersebut dan mendapat jawaban pada sebuah postingan di Facebook (FB).

'Dicari mitra ojol sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kuota,' tulis warganet pada grup FB lowongan kerja.

Jadi tujuan tawaran menarik dari perusahaan ojol pada saat perekrutan adalah untuk memenuhi kuota minimal keanggotaan ojol. 

Tentu saja setelah kuota terpenuhi, selanjutnya terserah perusahaan untuk melanjutkan iming-iming itu atau tidak. [Benhil]


Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form