Ini Bikin Lionel Messi Terbaik, Dengan atau Tanpa Piala Dunia 2022

Lionel Messi

 

Final Piala Dunia Qatar 2022 antara timnas Argentina dan Prancis baru akan dilaksanakan pada Minggu, 18 Desember 2022. Dengan atau tanpa trofi itu, sebenarnya Lionel Messi sudah dianggap yang terbaik sepanjang masa.

Publik sering tidak adil membandingkan pemain berjuluk si kutu itu dengan 2 pemain legendaris lain, yakni Pele dan Maradona. Alasannya, 2 legenda sepak bola itu telah berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia.

Pele mengantarkan Brasil menjadi kampiun pada 1958, 1962, dan 1970. Sedangkan Maradona membawa Argentina juara pada tahun 1986 dan runner up 1990.

Padahal pencapaian karier Lionel Messi sebagai atlet sepak bola sebenarnya sangat jauh melampaui Pele dan Maradona, terutama kiprahnya di klub Eropa (Barcelona).

Selama kariernya di klub, Pele hanya aktif di sepak bola lokal dan tidak punya nama di Eropa. Pele bergabung dengan kesebelasan Santos di Brasil.

Sedangkan Maradona, meski mampu mengangkat klub kecil, Napoli menjadi papan atas di Italia dan Eropa, namun karier atlet gempal tersebut penuh dengan skandal dan obat-obatan terlarang. Disamping itu, Publik masih ingat bagaimana Maradona memasukan gol dengan tangan saat melawan Inggris pada Piala Dunia 1986.

Sudah pasti, pencapaian dan sportivitas Messi jauh melampui 2 ikon tersebut.  

 

Lionel Messi Terbaik Sepanjang Masa

Sederet prestasi Lionel Messi berikut ini benar-benar menorehkan catatan yang sulit dikejar pemain lain. 

Atlet berusia 35 tahun itu telah meraih tujuh kali penghargaan Ballon d'Or dan meraih 35 trofi bersama Barcelona. Dengan klub barunya Paris St-Germain, Messi telah meraih gelar Prancis.

Dengan timnas Argentina, pemain jenius itu hampir membawa negaranya menjuarai Piala Dunia 2014, namun dikalahkan oleh tim Jerman di final. Gelar Copa America 2021 telah berhasil dipersembahkannya untuk Tanah Air tercinta.

Saat ini pemain bertinggi 170 cm itu telah menjalani pertandingan sepak bola profesional yang ke-1.002, dengan menghasilkan 791 gol dan 340 assist.

 

Sederet Pujian untuk Messi dari Para Pemain

Permainan bola Messi tidak hanya membuat kagum penonton, tapi juga para pemain sepak bola lain.

Mantan pemain timnas Inggris, Jamie Carragher menulis di Twitter, Messi adalah "yang terbaik yang pernah ada".

Pemain legendaris Allan shearer menyatakan, "Argentina bisa berada di final karena Messi. Semua mata tertuju kepadanya."

Mantan rekan Messi di Barcelona, Pablo Zabaleta mengatakan kepada BBC TV, "Messi itu luar biasa."

Sedangkan Messi sendiri seperti menikmati permainannya dan tanpa beban. Dia menikmati gaya tango yang dia hadirkan bersama timnya di Piala Dunia 2022 ini.

Dengan atau tanpa trofi Piala Dunia 2022, Lionel Messi tetap dianggap pemain olahraga yang terbaik sepanjang masa. [Benhil]

Surga Tropis

Tropics Paradise is a collection of writings and papers presented at, from, and to the tropics. Actually, the tropics is a place that comfortable, warm, and affluent. But the situation goes undermined by the real interests that not coming from the tropics itself, such as politics, ideology, lifestyle, and others. So for that matters, Tropical Paradise wants to restore a beautiful sense of the area.

Previous Post Next Post

Contact Form