Jokowi Sebut Kopi Gunung Puntang Termahal di Dunia

Kopi Gunung Puntang

 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kopi asal Gunung Puntang di Bandung Jawa Barat merupakan terbaik dan termahal di dunia.

Hal ini diungkapkan mantan Wali Kota Solo ini ketika sedang mencicipi kopi Gunung Puntang di sela-sela kunjungan kerjanya di Bandung beberapa waktu lalu, seperti dalam video yang beredar di media sosial.

"Kopinya dari Gunung Puntang. Ini adalah kopi terbaik dan termahal di dunia. Gunung Puntang ini ada di Jawa Barat, di Kabupaten Bandung," kata Jokowi.

Mengenal Lebih Dekat dengan Kopi Gunung Puntang

Sejak beberapa tahun terakhir, Kopi Gunung Puntang yang berasal dari Jawa Barat terkenal hingga ke mancanegara.

Kopi Gunung Puntang semakin berkibar terutama di kancah internasional setelah berhasil menyabet penghargaan di ajang Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, 14-17 April 2016 lalu.

Dirangkum dari berbagai sumber, kopi Gunung Puntang berhasil menyabet peringkat pertama dalam kategori rasa.

Kopi Gunung Puntang Jawa Barat memecahkan rekor dengan nilai penjualan termahal dalam sebuah lelang kopi di Atlanta, Amerika Serikat.

Kopi ini ditanam oleh para petani di kawasan Gunung Puntang dengan bibit benih dari hasil eksplorasi selama bertahun-tahun. Satu kilogram biji kopi yang dibandrol dengan harga Rp 750 ribu. Ini harganya 10 kali lipat dari harga normal.

Kopi ini memiliki karakteristik kopi dengan rasa manis sedikit asam. Ketika diseruput tercecap rasa yang cenderung ‘fruity’.

Tidak hanya jadi penghasil kopi, Gunung Puntang juga sediakan wisata di perkebunan kopi untuk mengetahui bagaimana cara tanam hingga proses pengolahan kopi langsung dari kebunnya.

Kopi tersebut diolah dengan tiga cara yaitu natural, honey (wash), dan full wash. Selain itu faktor alam juga menentukan rasa kopinya.

Pasalnya Gunung Puntang memiliki nutrisi yang dibutuhkan tanaman kopi sehingga kopi yang ditanam di Gunung Puntang tumbuh subur.

Biji kopi di Gunung Puntang telah dibudidayakan secara fokus sejak 2007 lalu. 

Di sana, ada sekitar 270 hektar lahan perkebunan kopi dengan sekitar 180 petani.

Nah, kalau berkesempatan jalan-jalan ke Gunung Puntang, Anda bisa mampir untuk mencicip enaknya kopi ini yang masuk dalam kategori kopi terbaik di dunia tahun lalu! (Sumber: Kompas dan berbagai sumber). (Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form