Empat Aplikasi Malware Ini Masih Ada di Google Play Store

Malware


Malware adalah masalah yang memengaruhi semua platform- termasuk Apple tetapi Android yang tampaknya lebih banyak menghadapi kasus tersebut akhir-akhir ini.

Masalah ini terlalu sering muncul tentang sekumpulan aplikasi berbahaya yang baru ditemukan di Play Store. Kali ini media online Benhil menginformasikan ada empat aplikasi. Bahkan satu aplikasi dengan lebih dari satu juta yang download.

Setelah diunduh, aplikasi ini menunggu 72 jam sebelum meluncurkan aktivitas jahat apa pun, yang melibatkan penayangan iklan serta membuka tautan phishing secara otomatis di peramban seluler Anda.

Aktivitas ini berlanjut setiap dua jam, termasuk saat ponsel Anda terkunci, sehingga korban menjadi sasaran konten yang mengganggu ini apa pun yang terjadi.

Biasanya saat berita seperti ini ditayangkan, aplikasi yang dimaksud sering kali sudah tidak tersedia di Play Store saat.

Dikutip dari Lifehacker, perusahaan teknologi Google biasanya dengan cepat menghapus aplikasi apa pun yang teridentifikasi berbahaya.

Maka, tujuan utamanya adalah untuk membantu pembaca mengidentifikasi apakah mereka mengunduh salah satu aplikasi bernama ke ponsel cerdas mereka, sehingga mereka dapat segera menghapusnya. 

Namun, cerita ini berbeda. Saat berita tentang hal ini ditayangkan , aplikasi dan pengembangnya, "Grup aplikasi seluler", masih tersedia di Play Store.

Lebih buruk lagi, ini bukan rodeo pertama pengembang. Seperti yang dilaporkan oleh Malwarebytes Labs, Grup Aplikasi Seluler telah dikutip dua kali di masa lalu karena mendistribusikan aplikasi berbahaya di Play Store.

Entah bagaimana, pengembang masih aktif di pasar Google, saat ini menawarkan empat aplikasi yang semuanya telah ditandai malware.

Bluetooth Auto Connect: 1.000.000+ unduhan 

Pengirim Aplikasi Bluetooth: 50.000+unduhan

Driver: Bluetooth, Wi-Fi, USB: 10.000+ unduhan

Transfer seluler: smart switch: 1.000+ unduhan

Jika Anda memiliki salah satu dari empat aplikasi ini di perangkat Android Anda, pastikan untuk menghapusnya secepatnya.

Bluetooth Auto Connect memiliki lebih dari satu juta unduhan, yang berarti ada banyak perangkat yang berpotensi terinfeksi di luar sana.

Cara mengetahui apakah suatu aplikasi mengandung malware sebelum mengunduhnya

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah suatu aplikasi berbahaya atau tidak sebelum mengunduhnya, tetapi ada beberapa tanda yang harus diwaspadai.

Pertama, baca halaman Play Store-nya dengan cermat. Apakah deskripsi sesuai dengan penggunaan yang diiklankan?

Hal yang sama berlaku untuk gambar pratinjau. Jangan lupa untuk melihat ulasannya, terutama yang baru-baru ini.

Banyak ulasan yang ditulis dengan buruk yang tidak menyebutkan tujuan aplikasi adalah tanda bahaya, dan menyarankan pengembang menggunakan ulasan palsu untuk meningkatkan peringkat aplikasi. 

Namun, dalam kasus keempat aplikasi ini, ulasannya negatif, dan ditunjukkan seberapa sering pengguna berurusan dengan pop-up. 

Mendalami peringkat ini dapat memberikan gambaran tentang aplikasi yang dimaksud, dan membantu menginformasikan apakah aman untuk diunduh atau tidak. [Benhil Online]


Previous Post Next Post

Contact Form