Di Sulawesi Barat, Ganjar Berbagi Pengalaman tentang Penanganan Stunting

Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memenuhi janjinya pada Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik.

Akmal yang datang ke Jateng untuk belajar penanganan stunting dan persoalan integritas pada Senin 3 Oktober 2022 lalu, meminta Ganjar datang ke Sulbar untuk sharing.

Beberapa hari berselang, Ganjar memenuhi janjinya. Hari ini, Senin 10 Oktober 2022 Ganjar datang ke Sulbar dan bertemu dengan sejumlah bupati/ wali kota, beserta jajaran OPD. 

Ganjar berdiskusi terkait penanganan stunting dan integritas, di kompleks kantor Pemprov Sulbar.

“Saya berterima kasih sekali Pak Ganjar benar-benar datang ke Sulbar. Saat saya ke Jateng, saya memang minta beliau untuk datang dan berbagi tentang cara penanggulangan stunting dan soal integritas ke Sulbar, beliau janji datang. Karena kami menilai, capaian Jateng terkait dua hal itu sangat luar biasa, terbaik nasional. Kami senang bapak hadir bersama jajaran kepala dinas untuk berbagi,” kata Akmal.

Baca juga: Harapan Ganjar untuk Kota Pekalongan yang Miliki Segala Hal tentang Batik

Ditambahkan, Pemprov Sulbar merupakan salah satu provinsi muda di Indonesia. Usianya baru 18 tahun. Masih banyak hal yang harus dipelajari, khususnya pada daerah yang lebih maju.

“Kami ingin belajar pada Jateng. Kami yakin Pak Ganjar dan teman-teman bisa memberikan best practice pada kami, agar kami lebih baik. Ya meski tidak bisa melampaui Jateng, tapi setidaknya bisa setengah saja sudah sangat baik,” ucapnya.

Akmal meyakini, kolaborasi dan sinergitas antardaerah semacam ini sangat penting dilakukan. Dengan begitu, kemajuan Indonesia bisa benar-benar dirasakan oleh seluruh masyarakat.

“Makanya kami undang Pak Ganjar ke sini, sehingga kita bisa mengambil best practice yang sudah dilakukan oleh Jawa Tengah. Nah langkah-langkah yang tadi diberikan kunci oleh Pak Ganjar itu, juga akan kita terapkan di sini secepatnya. Kami juga akan kolaborasi lintas sektor, termasuk dengan DPRD dan dengan bupati. Kita akan kawal,” pungkasnya.

Baca juga: Berkunjung ke Bali, Ganjar Pranowo Mendadak Jadi Seniman

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, kedatangannya untuk berbagi pengalaman. Meskipun, Ganjar meyakini Sulbar juga memiliki pengalaman yang bagus, terkait penanganan stunting dan integritas.

“Jawa Tengah sebenarnya juga tidak hebat-hebat amat. Tapi kita bisa bercerita karena situasi kondisinya pasti masing-masing berbeda. Nah kami punya pengalaman yang pak Akmal kemarin waktu ke Jawa Tengah pingin sharing session-lah. Satu terkait dengan penurunan stunting, yang kedua terkait dengan membangun integritas,” katanya.

Ganjar meyakini, Sulbar akan bisa mengatasi dua persoalan itu. Sebab, Sulbar masih provinsi baru dan punya potensi yang hebat termasuk SDM-nya.

Tinggal kita butuh sepakat metode dan metodologi untuk lari cepat. Yang penting satu, kalau stunting berarti data. Dua, treatment, tiga, kolaborasi antar-OPD. Kalau membangun integritas harus dimulai dari contoh. Nah contoh itu mesti konsisten. Bagaimana tidak korupsi, tidak menerima gratifikasi, pengelolaan LHKPN, dan itu tentu menjadi semangat,” pungkasnya. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form