15 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan Nomor 2 Menakjubkan

Daun Binahong

Nama daun binahong memang tidak terlalu familiar. Tapi, mungkin sebagian dari kita akan mengenalinya jika sudah melihatnya. 

Binahong (Anredera cordifolia) merupakan tanaman yang biasa merambat di tembok atau pagar. Di dunia internasional, daun ini disebut Heartleaf maderavine madevine karena bentuknya yang menyerupai tanda hati.

Kita bisa menemukannya di beberapa negara seperti Korea Selatan, China, Madagaskar, dan Indonesia.

Isi di dalam Daun Binahong

Daun ini sudah digunakan sebagai tanaman herbal sejak lama di seluruh dunia. Setiap bagian tanaman binahong dapat digunakan sebagai obat, tetapi masyarakat biasanya menggunakan daunnya. Orang percaya bahwa daun binahong mengandung banyak hal baik untuk kesehatan

Berikut beberapa hal baik yang terkandung di dalamnya: Saponin, Minyak Atsiri, Alkaloid, Asam Askorbat, Antioksi dan asam oleanolat, Mono Poliksarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktosa, Flavonoid, dan Protein.

Wah, ternyata banyak sekali bahan-bahan yang baik untuk kesehatan kita di dalam daun ini! Ada alasan mengapa daun ini begitu populer sebagai herbal. Sekarang, kita sudah tahu bahwa daun ini mengandung banyak bahan yang baik untuk tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaat daun binahong untuk kesehatan? Mari kita cari tahu!

Kita sudah tahu bahwa daun binahong mengandung banyak hal baik untuk kesehatan kita. Sekarang, mari kita lihat apa saja manfaat kesehatan tanaman binahong untuk tubuh kita yang dikutip dari Dr Health Benefits!

1. Menyembuhkan Sakit Perut

Ada banyak jenis sakit perut yang disebabkan oleh banyak faktor. Sekarang kita akan membahas tentang sakit perut yang disebabkan oleh waktu makan yang tidak disiplin.

Terkadang, kita terlalu sibuk untuk sekedar makan siang atau makan malam tepat waktu, bahkan terkadang kita lupa untuk sarapan. Itu akan menyebabkan sakit perut karena sistem pencernaan kita tidak bekerja tepat waktu.

Apakah ada cara untuk menyembuhkannya? Ya, ada banyak. Tapi, jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi ke dokter atau mengonsumsi obat-obatan, maka Anda bisa mencoba tanaman herbal. Salah satunya adalah daun binahong.

Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan Mentimun yang Penting untuk Rambut

Daun binahong banyak mengandung bahan bagus yang bisa meredakan sakit perut kita. Tapi, ada baiknya kita mencegah sakit perut seperti ini. Pastikan untuk makan tepat waktu, meskipun kita hanya bisa makan sepotong roti atau apel.

2. Menyembuhkan Penyakit Paru-Paru

Paru-paru adalah salah satu organ kita yang memiliki tanggung jawab terhadap sistem pernapasan kita. Jadi itulah mengapa sangat penting bagi kita untuk melindungi paru-paru kita. Terkadang, kita merasa paru-paru kita sakit.

Ketika itu terjadi, pastikan untuk merawatnya sesegera mungkin. Jika rumah sakit atau klinik terlalu jauh dari rumah, Anda dapat menggunakan tanaman herbal, hanya jika tanaman herbal ada di sekitar kita.

Salah satunya yang mudah kita dapat adalah daun binahong. Ambil 10 buah dan rebus hingga matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari untuk mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

3. Menyembuhkan Luka

Daun binahong mengandung minyak atsiri dan asam arkobat yang dapat membantu menyembuhkan luka. Tapi bagaimana caranya? Apakah dengan meminumnya? Tidak.

Anda harus menumbuknya sampai halus lalu mengoleskannya pada luka Anda. Ini dapat membantu Anda menyembuhkan hampir setiap luka. Tapi, jika lukanya agak parah, Anda harus menutup luka Anda dengan perban setelah Anda mengoleskan daun binahong untuk melindungi luka Anda dari bakteri. Itulah manfaat daun binahong untuk kesehatan.

4. Menyembuhkan Penyakit Otak

Ada banyak jenis penyakit otak. Tapi, kita akan berbicara tentang penyakit otak yang disebabkan oleh kecelakaan.

Dalam kecelakaan seperti kecelakaan mobil, ada kemungkinan kepalanya terbentur sesuatu. Terkadang, situasi itu akan mempengaruhi otak kita.

Daun binahong akan membantu penyakit otak Anda. Ambil 10 buah lalu rebus. Anda harus mengkonsumsinya dua kali sehari. Tapi, itu hanya untuk stimulus. Anda tetap harus pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Membantu Menstruasi

Beberapa wanita akan menderita ketika datang ke periode mereka. Banyak sekali ramuan yang bisa menjadi obat pereda nyeri, salah satunya yang terbuat dari daun binahong. Daun binahong akan membantu Anda menjalani menstruasi dengan nyaman.

Ambil 3 buah lalu rebus di dalam air sampai matang. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.

6. Menyembuhkan Disentri

Disentri merupakan salah satu penyakit sistem pencernaan yang perlu disembuhkan. Jika Anda terlalu takut untuk berkonsultasi dengan dokter atau mengonsumsi obat-obatan tertentu, Anda bisa mencoba pengobatan alami. Salah satunya dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong.

Untuk membuat ramuannya, Anda perlu mengambil setidaknya 10 lembar daun binahong lalu merebusnya dalam 2 gelas air. Rebus sampai airnya mengepul agar bisa dibuat untuk 1 gelas saja. Anda harus mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari sampai Anda sembuh dari disentri.

7. Perawatan Kulit

Manfaat kesehatan lain dari Binahong adalah untuk merawat kulit Anda. Mengapa? Karena daun binahong mengandung anti oksidan yang dibutuhkan kulit kita agar tetap sehat dan mencegah penuaan.

Pukul-pukul sampai halus dan oleskan pada wajah Anda. Ini akan membantu Anda untuk merawat kulit Anda dan bagi mereka yang memiliki lesung pipit, itu akan membantu Anda menyembuhkannya.

8. Menyembuhkan Wasir

Bagi Anda yang menderita wasir, Anda bisa mengonsumsi daun binahong sebagai salah satu pilihan pengobatan Anda. Resepnya agak berbeda. 

Anda harus mengambil setidaknya 16 lembar daun binahong untuk direbus. Rebus dalam 3 gelas air dan tunggu sampai matang. 

Bagaimana kita tahu jika itu sudah dilakukan? Pastikan potion bisa memenuhi hanya untuk 1 gelas. Anda harus meminumnya setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

9. Meningkatkan Energi dan Vitalitas

Dalam komputer atau perangkat elektronik lainnya, listrik dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut bekerja dengan baik. Tanpa listrik, chip utama di dalam komputer Anda tidak dapat bekerja, betapapun canggihnya itu. 

Beberapa hal masuk ke tubuh kita. Jika tubuh kita adalah komputer, maka listrik adalah energi. Tanpa energi, kita tidak bisa menggerakkan tubuh kita bahkan organ-organ di dalam tubuh kita tidak bisa bekerja.

Bagaimana kita memenuhi energi kita? Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sehat yang mengandung karbohidrat atau protein di dalamnya.

Daun binahong merupakan sumber protein yang baik yang dapat meningkatkan energi kita. Rebus saja dua potongnya di dalam dua gelas air dan konsumsi, maka Anda akan mendapatkan energi Anda kembali.

Juga, bagi mereka yang memiliki masalah vitalitas, Anda dapat mencobanya juga. Rebus 3-10 lembar daun binahong dalam dua gelas air sampai mendidih, konsumsi setiap hari, maka anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan.

10. Mencegah Radikal Bebas

Seperti yang telah kita ketahui, daun binahong mengandung antioksidan di dalamnya yang memiliki tanggung jawab untuk mencegah dan menyembuhkan tubuh kita dari radikal bebas. Apa itu radikal bebas? Radikal bebas adalah suatu kondisi ketika tubuh manusia mengandung senyawa kimia yang melebihi batas.

Tubuh manusia dirancang untuk hanya menerima senyawa alami. Jadi, jika tubuh kita menerima senyawa kimia yang melebihi batas, itu akan mengubah sel-sel sehat kita menjadi sel jahat. Kemudian, sel-sel jahat itu akan membunuh sel-sel sehat lainnya dan mengubahnya menjadi sel-sel jahat.

Maka dari itu kita perlu mengkonsumsi bahan pokok alami yang mengandung antioksidan di dalamnya. Salah satunya adalah daun binahong.

11. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Ginjal. Kedua organ kecil itu juga memiliki tanggung jawab terhadap tubuh kita. Sebenarnya setiap organ memiliki tanggung jawab masing-masing, oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk menjaganya agar tetap sehat, termasuk ginjal kita.

Beberapa orang menderita penyakit ginjal. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mencoba mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil 10-15 lembar daun binahong dan rebus dalam 1 gelas air. Minumlah tiga kali sehari. Tapi, ingat bahwa ramuan ini hanya untuk rangsangan. Meski begitu, Anda tetap perlu mengkonsultasikannya ke dokter.

12. Menyembuhkan Fraktur

Khasiat lain dari ramuan minuman yang terbuat dari daun binahong adalah untuk menyembuhkan patah tulang. Seperti yang sudah kita ketahui, daun binahong mengandung banyak mineral di dalamnya. Ini akan membantu Anda yang menderita patah tulang untuk menyembuhkan tulang Anda. Tapi, ingat bahwa itu hanya untuk stimulus. Anda tetap perlu mengkonsultasikannya dengan dokter Anda.

13. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang tekanan darahnya dalam kondisi rendah, Anda harus meningkatkannya. Mengapa? Karena tekanan darah rendah akan membuat tubuh kita lesu.

Kita tidak bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik dan dalam kasus yang lebih berbahaya, itu akan membuat kita pingsan.

Kita harus meningkatkannya dengan mengonsumsi sesuatu yang mengandung mineral di dalamnya. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun Binahong. Ambil delapan helai dan rebus dalam dua gelas air. Pastikan untuk mengkonsumsinya setidaknya sekali sehari.

14. Pasca Operasi

Daun binahong merupakan salah satu ramuan yang dianjurkan bagi mereka yang ingin cepat sembuh setelah melalui operasi.

Setelah operasi, kita kehilangan banyak darah dan energi, oleh karena itu kita perlu mengonsumsi sesuatu yang mengandung protein dan mineral di dalamnya. Daun binahong adalah pilihan yang baik untuk Anda. Rebus 20 lembar daun binahong dalam 3 gelas air. Anda harus meminumnya setidaknya sekali sehari maka Anda akan pulih dengan cepat.

15. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi daun binahong adalah untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Rebus 5 lembar daun binahong dalam 2 gelas air. Anda harus meminumnya setidaknya sekali sehari maka Anda akan mendapatkan hasil yang baik.

Awas Konsumsi Daun Binahong

Kita tidak bisa mengkonsumsi daun yang terlalu tua dan terlalu muda. Kami menyarankan Anda untuk memilih daun nomor 4 dan 7 secara berurutan dari atas. Jangan disimpan di dalam lemari es atau jangan dipanaskan kembali karena akan merusak senyawanya. Simpan di dalam laci Anda atau di tempat bersuhu ruangan. 

Dan, yang paling penting adalah, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak. Jika Anda berlebihan mengkonsumsinya, itu akan menghancurkan hati dan ginjal Anda. Jadi, tetap sehat!

Sekarang kita sudah tahu bahwa daun binahong mengandung banyak bahan yang baik untuk menjaga kesehatan kita. Siapa tahu tanaman yang sebagian sudah kita kenal ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Ambil saja beberapa potong dan rebus, kita akan memiliki ramuan yang sehat untuk tubuh kita. [Benhil Online]

Anredera cordifolia

 

Previous Post Next Post

Contact Form