Rutin Minum Jus Lidah Buaya Bisa Sembuhkan Diabetes

Aloe-vera

Peningkatan kadar gula darah dalam tubuh menyebabkan gangguan metabolisme yang disebut Diabetes Mellitus. Jus lidah buaya (Aloe vera) merupakan salah satu bahan alami yang dipercaya mampu melawan diabetes.

Diabetes Mellitus ini bisa terjadi karena produksi insulin yang bermasalah atau karena gangguan penyerapan gula darah akibat gangguan kerja insulin 

Insulin sendiri merupakan hormon yang berfungsi untuk mengangkut gula dalam darah ke jaringan. 

Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat atau dalam dunia medis disebut hiperglikemia.

Ada berbagai jenis diabetes, tetapi yang paling umum adalah diabetes tipe 2 yang merupakan jenis diabetes yang disebabkan oleh gangguan pada respons jaringan terhadap insulin. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah.

Penyebab lain dari diabetes tipe 2 adalah karena konsumsi gula yang berlebihan. Hal ini menyebabkan pankreas bekerja lebih keras untuk memproduksi insulin, hingga akhirnya rusak. Kondisi pankreas yang rusak dapat mengakibatkan penurunan produksi insulin.

Diabetes adalah gangguan kesehatan yang serius. Jika kadar gula darah tidak terkontrol, berbagai komplikasi dapat terjadi, seperti impotensi, kaki diabetik yang berujung pada amputasi, gangguan jantung, gangguan ginjal, stroke, kerentanan terhadap TB, koma diabetik, dan kematian. 

Untuk itu diperlukan pengetahuan dan kesadaran bagi penderita diabetes mengenai manajemen dalam menjalankan pola hidup yang tepat. 

Baru-baru ini, selain pengobatan konvensional, para ahli juga telah mengembangkan dan meneliti beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mendukung pengobatan diabetes.

Baca juga: Konsumsi Beras Merah Secara Rutin Bisa Mengobati Asma dan Kanker

Lidah buaya dilansir dari Dr Health Benefits, selain dikonsumsi untuk kecantikan manfaat lidah buaya juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti sembelit, penyakit kulit, cacingan, infeksi, dan kolik. Selain itu, lidah buaya sering digunakan dalam bidang industri, kosmetik, farmasi, dan makanan.

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan tidak terlepas dari berbagai nutrisi baik yang terkandung di dalamnya, antara lain kalsium, magnesium, fosfor, zat besi, natrium, seng, folat, antioksidan, vitamin A, B, C, dan E, ditambah beberapa enzim dan esensial. asam amino.

1. Jus Lidah Buaya sebagai Hipoglikemik

Selain manfaat lidah buaya untuk mata , lidah buaya memiliki kemampuan hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) yang kuat. Itulah sebabnya, tanaman berduri ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, baik diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2.

Bahan kimia dalam lidah buaya, seperti kromium dan alprogen, juga bisa berkhasiat untuk menurunkan gula darah. Kromium dipercaya berperan dalam merangsang sekresi insulin oleh sel beta pankreas dan membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Memiliki Kandungan Glukomanan dan Antrakuinon yang Tinggi

Selain manfaat sampo lidah buaya , kandungan yang terkandung dalam jus lidah buaya adalah glukomanan. Ini adalah polisakarida dari jenis hemiselulosa yang terdiri dari rantai galaktosa, glukosa, dan mannose. Mudah larut dalam air dan mudah diserap tubuh sehingga kadar gula darah bisa turun secara signifikan.

Antrakuinon yaitu glikosida dalam sari lidah buaya yang berfungsi sebagai “zat obat” alami dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan, meremajakan sel-sel tubuh yang telah rusak, dan memiliki efek hipoglikemik. Zat ini sangat diperlukan dalam rangka pengobatan dan mencegah komplikasi akibat diabetes.

3. Dikemas dengan Antioksidan

Jus lidah buaya mengandung tingkat antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang sangat kuat. Zat tersebut dapat melindungi tubuh dari kemungkinan cedera yang akan terjadi pada penderita diabetes, seperti bisul, gangren, dan bisul.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati

Selain itu, antioksidan ini juga berfungsi untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan sehingga dapat mengurangi risiko komplikasi pada ginjal, otak, dan jantung.

4. Merangsang Produksi Insulin

Lidah buaya merupakan bahan obat alami sehingga kecil kemungkinan bagi pengguna untuk mendapatkan efek samping darinya. Mengkonsumsi jus lidah buaya selalu dianjurkan sebagai alternatif yang bagus untuk suntikan insulin, karena alami, sehingga tidak memiliki efek samping yang berpotensi membahayakan.

Manfaat Aloe Vera untuk diabetes lainnya, tanaman ini dapat merangsang produksi insulin. Itu sebabnya, tanaman berdaging bening ini bisa mengendalikan hiperglikemia.

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula

Selain manfaat lidah buaya untuk kecantikan , salah satu manfaat lidah buaya yang mengejutkan adalah menurunkan kadar gula darah. Dalam beberapa penelitian dan uji klinis, mengkonsumsi 2 sendok makan daging tumbuhan lidah buaya per hari telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Hasil yang lebih baik diharapkan setelah minum lidah buaya secara teratur.

Meski begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakan lidah buaya untuk menurunkan gula darah, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat diabetes. Pastikan untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan tentunya sayang untuk dilewatkan. Namun, Anda tetap harus bijak dalam menggunakannya. Bicaralah dengan dokter Anda terlebih dahulu jika Anda ingin menggunakan lidah buaya untuk mengobati masalah kesehatan tertentu, karena penting untuk mencegah efek samping.

6. Mencegah Dehidrasi dan Peradangan

Lidah buaya mengandung banyak air, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengobati dan mencegah dehidrasi. Selain itu, bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi jus lidah buaya juga dapat mengembalikan stamina yang hilang setelah beraktivitas.

Lidah buaya sebenarnya dapat membantu mencegah peradangan dalam tubuh karena sifat anti-inflamasi yang dapat menghambat dan menekan reaksi peradangan. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form