10 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan Hati

 

Kopi

Hati adalah organ terbesar dalam tubuh manusia. Salah satu kehebatan hati adalah organ ini akan terus bekerja meski rusak.

Hati akan memperbaiki kerusakan organnya sendiri sampai benar-benar tidak berfungsi lagi. Agar tidak merusak hati, maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi kopi.

Karena manfaat kopi bagi kesehatan hati, ada zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan hati. Dilansir dari Dr Health Benefits, salah satu zat yang paling dikenal adalah antioksidan. 

Antioksidan merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama bagi penderita penyakit liver dari dua spesies pohon kopi yang dikenal yakni Kopi Robusta dan Kopi Arabika

Beberapa nutrisi yang ada dalam kopi dan dibutuhkan oleh hati adalah sebagai berikut: air, efek samping kafein, asam kuinat, putresin, etilfenol, asetilmetilkarbinol, niasin, trigonelin, dimetil disulfida, dan asam dicaffeoylquinic.

• Mencegah Kanker Hati

Minum kopi secara teratur terbukti dapat menghindarkan seseorang dari kanker hati. Pernyataan ini diperkuat oleh penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti di National Cancer Center di Jepang. 

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa orang yang minum kopi setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit liver dibandingkan orang yang tidak minum kopi.

Baca juga: Ternyata Makan Mata Ikan Bisa Meningkatkan Kesehatan Jantung

• Meminimalkan Risiko Sirosis Hati

Sirosis hati merupakan penyakit penurunan fungsi hati. Minum kopi setidaknya 4 cangkir sehari dapat menurunkan risiko sirosis hati.

Pernyataan itu didasarkan pada temuan yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine pada tahun 2006.

• Menghambat Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah salah satu penyakit hati yang disebabkan oleh virus atau karena penggunaan obat-obatan. 

Dalam sebuah penelitian oleh Hepatitis C Antiviral Long-Term Treatment Against Cirrhosis Trial, ditemukan bahwa pasien yang minum 3 cangkir kopi sehari mengalami perkembangan penyakit hepatitis yang melambat.

• Meringankan Fibrosis Hati

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Hepatology pada tahun 2010, pasien dengan fibrosis hati yang minum 2 cangkir kopi sehari memiliki fibrosis hati yang lebih ringan. Dibandingkan dengan pasien yang tidak minum kopi.

Namun perlu diingat, manfaat kopi bagi kesehatan hati akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 

Memperpanjang Umur Pasien Hepatitis C

Neal Freedman dari US National Cancer Institute menjelaskan bahwa pasien hepatitis C akan memiliki usia yang lebih panjang jika minum kopi secara teratur. Tidak seperti pasien yang tidak minum kopi, dia jauh lebih pendek.

Menghambat Penyebaran Penyakit Liver

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuwan, minum 3 cangkir kopi sehari dapat menghambat penyebaran penyakit liver. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi penderita liver agar bisa bertahan hidup lebih lama.

Baca juga: Susah Fokus? Berikut Ini 18 Cara Agar Bisa Konsen

• Mengurangi Risiko Peningkatan Enzim Hati

Peningkatan enzim hati bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk menurunkan risiko, perlu minum kopi secara teratur. Karena dalam secangkir kopi terdapat senyawa aktif dan senyawa inaktif yang dapat membantu mengurangi risiko peningkatan enzim hati.

• Mengurangi Peradangan Hati

Beberapa bahan yang ada dalam kopi dapat menurunkan peradangan hati. Jika peradangan tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, maka akan menimbulkan masalah lain yang lebih serius. Untuk itu, minum kopi merupakan hal yang penting bagi pasien yang menderita radang hati.

• Sebagai Antioksidan

Kopi mengandung antioksidan yang tinggi. Sangat baik untuk mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Apalagi yang bisa memperparah kondisi penderita penyakit liver. Konsumsi kopi secara teratur untuk mendapatkan antioksidan yang dibutuhkan.

• Mencegah Pembentukan Jaringan Parut

Jaringan parut di hati disebabkan oleh masalah hati. Masalah ini bisa akut atau kronis dan membutuhkan perawatan yang tepat. Salah satu upaya untuk mencegah terbentuknya jaringan parut pada hati adalah dengan minum kopi secara teratur.

Namun perlu diingat, manfaat kopi bagi kesehatan hati akan memberikan manfaat yang baik bagi tubuh Anda jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. 

Minum lebih dari 4 cangkir kopi sehari dapat menyebabkan perasaan cemas, mudah marah, gelisah, dan juga sulit tidur. 

Jika Anda memiliki masalah perut, Anda bisa mengonsumsi kopi dengan kadar asam yang rendah. 

Semoga Anda dapat menemukan manfaat ngopi untuk kesehatan tubuh Anda sebenarnya untuk hati Anda. [Benhil Online]

Previous Post Next Post

Contact Form