Konsumsi Beras Merah Secara Rutin Bisa Mengobati Asma dan Kanker


Bers Merah


Beras merah (Oryza Glaberrima) tidak saja sebagai makanan pokok tetapi juga memiliki beberapa manfaat, termasuk untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan  kandungan gizi di setiap bulir beras beras lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Pada tahu 800 M, beras merah pertam kali masuk ke Tiongkok (Dinasti Tang) dan disajikan untuk dua tujuan, yaitu kuliner dan obat-obatan.

Untuk keperluan kuliner, nasi merah digunakan sebagai pewarna makanan dan makanan pokok di beberapa bagian China.

Sedangkan untuk pengobatan, beras merah digunakan sebagai salah satu obat tradisional di China, yang dapat mengatasi sejumlah masalah kesehatan, seperti penyumbatan pembuluh darah, mirip dengan manfaat beras merah kattu yanam .

Manfaat beras merah sudah banyak diketahui, terutama bagi para pelaku diet. Dianggap lebih sehat daripada nasi putih karena kandungan nutrisinya yang lebih beragam. Selain untuk diet, nasi merah ternyata memiliki manfaat lain yang juga baik untuk kesehatan.

Beras merah adalah gandum utuh yang hanya mengalami proses pengupasan kulit atau sekam. Salah satu alasan mengapa dianggap lebih unggul dari nasi putih adalah karena pengolahannya yang lebih singkat, sehingga kandungan nutrisinya tidak banyak terbuang percuma.

Salah satu nutrisi yang terkandung dalam beras merah adalah serat. Nutrisi ini berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Tak hanya itu, dalam seporsi nasi merah (sekitar 200 gram) juga terkandung sekitar 230–250 kalori dan beragam nutrisi.

Berbagai zat dapat ditemukan di dalamnya, antara lain Vitamin, Seng, Kalsium, dan Mangan. Sama seperti nasi putih, nasi merah juga termasuk dalam kelompok whole grain yang bebas gluten, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac atau orang yang memiliki alergi gluten. 

Berbagai zat dapat ditemukan di dalamnya, antara lain Vitamin, Seng, Kalsium, dan Mangan.

Mengkonsumsi beras merah secara rutin dapat bermanfaat untuk kesehatan dan mengobati penyakit asam dan kanker.

• Membantu Mengobati Asma

Dilansir dari Dr Health Benefits, beras merah adalah sumber magnesium yang akan membantu mengatur pola pernapasan normal Anda. 

Mengkonsumsinya secara teratur akan membantu menghindari masalah asma. Ini adalah salah satu manfaat terbaik dari mengkonsumsi beras merah.

Jika Anda menderita asma, konsultasikan dengan dokter dan tanyakan apakah Anda boleh mengonsumsi beras merah atau tidak.

Mengurangi Risiko Kanker

Tidak hanya vitamin, beras merah juga mengandung kandungan antioksidan yang baik yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh Anda.

Hasilnya adalah tubuh Anda menjadi lebih terlindungi dari masalah kesehatan yang berbahaya, termasuk kanker.

Untuk memaksimalkan berbagai manfaat beras merah di atas, Anda juga disarankan untuk menjalani gaya hidup sehat, misalnya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur, menghentikan kebiasaan merokok, dan berolahraga secara teratur. [Benhil]

Previous Post Next Post

Contact Form